Kenali Tanda-Tanda Anda Sudah Terjebak Toxic Productivity

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kerja Lembur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bekerja keras karena keinginan dan kebutuhan mungkin akan membuat Anda lebih semangat. Namun, hal yang memaksa Anda untuk terus-menerus bekerja sampai tidak mementingkan hal lain justru tidak baik dalam kehidupan. Jika dibiarkan, Anda malah berisiko mengalami masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, jangan sampai semangat Anda justru mengarah pada toxic productivity. Berhentilah sejenak dari pekerjaan Anda dan coba lihat tanda-tanda yang muncul. Melansir laman sehatQ, berikut tanda-tanda toxic productivity yang perlu Anda ketahui.

Bekerja hingga mengabaikan kesehatan

Bekerja mulai dari pagi hingga malam mungkin menunjukkan kegigihan Anda dalam menjalankan kewajiban. Namun, hal tersebut sudah menjadi toxic productivity saat Anda mulai mengabaikan diri sendiri dan orang lain. Kegigihan ini sering membuat Anda lupa makan, minum, dan tidur. Hal ini bukanlah sesuatu yang sepele. Terlambat makan dan kurang tidur akan berbahaya untuk kesehatan Anda jika dilakukan terus-menerus.

Tidak terhubung dengan orang dekat

Kecanduan bekerja akan membuat waktu Anda semakin sedikit untuk berinteraksi bahkan dengan orang yang tinggal satu atap sekalipun. Saat dihadapkan dengan pekerjaan, Anda mungkin harus mengutamakan tanggung jawab Anda. Saat teman dan keluarga sudah bukan pilihan lagi dalam menjalin interaksi sosial, berarti Anda sudah berada dalam kehidupan pekerjaan yang salah.

Ekspektasi yang tidak realistis

Dalam satu hari, Anda mungkin berpikir bisa menyelesaikan 5-10 pekerjan. Di satu sisi, hal tersebut bisa dilakukan dengan banyak catatan. Berharap Anda bisa mengerjakan pekerjaan dalam jumlah yang sama setiap hari bisa jadi hal yang tidak masuk akal. Situasi dan kondisi diri bisa menyebabkan penurunan produktivitas harian.

Tidak bisa beristirahat

Mereka yang kecanduan bekerja akan menganggap istirahat adalah aktivitas yang buang-buang waktu. Anda mungkin akan merasa berdosa jika tidur siang selama atau tidur sebelum tengah malam.

Lupa waktu terakhir bersenang-senang

Di sela-sela kesibukan, Anda juga perlu mengendurkan otot-otot dengan banyak memanjakan diri seperti piknik. Sayangnya, hal tersebut tidak bisa didapatkan jika sudah terjerat produktivitas yang berlebihan. Bisa saja Anda lupah bahwa bertemu dengan keluarga itu adalah hal yang menyenangkan.

Populer video

Berita lainnya