Rajin Minum Air Jahe, Ini Manfaat yang Dirasakan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Rutin Minum Air Jahe
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain diolah menjadi jamu atau bumbu masakan, jahe juga dapat diminum airnya untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan. Tak heran jika jahe secara turun temurun dikenal sebagai rempah yang memiliki segudang khasiat bagi tubuh. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini manfaat yang didapat ketika rutin minum air jahe.

Meredakan nyeri dan sakit

Senyawa kimia yang tekandung dalam jahe, gingerol dan fenol, bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya senyawa itu berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, kram perut saat menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan, air jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan, dibanding hanya minum obat pereda nyeri.

Melawan peradangan rematik dan osteoarthritis

Rutin minum air jahe juga dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Ini berkat sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron. Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa jahe dapat mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi.

Menghilangkan mual

Khasiat jahe sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut tak perlu diragukan lagi. Minum air jahe memiliki manfaat untuk meredakan mual dan muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness).

Mengendalikan kadar gula darah diabetes

Sebuah penelitian dari Iran menemukan bahwa di Iran jahe khususnya menurunkan gula darah puasa. Pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Selain itu, sifat antiradang dalam jahe dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati diabetik, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan bahwa manfaat ini akan terasa lebih menguntungkan ketika air jahe dicampur dengan bubuk kayu manis.

Kaya antioksidan untuk perangi risiko penyakit kronis

Jahe kering termasuk sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi anda dari efek buruk radikal bebas yang berasal dari lingkungan, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, hingga polusi udara dari asap knalpot.

Radikal bebas dapat menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, dan penyakit jantung. Satu penelitian menemukan bahwa minum air jahe bisa mencegah atau memperlambat gagal ginjal.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pria melaporkan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada makan pagi. Studi lain menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak. Meski begitu, perlu penelitian lebih mendalam dengan jangkauan yang lebih luas guna memastikan manfaat jahe untuk menurunkan berat badan.

Populer video

Berita lainnya