5 Manfaat Pepaya bagi Pria, Salah Satunya Meningkatkan Gairah Seksual

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Pepaya bagi Pria
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pepaya termasuk buah tropis sehingga anda tidak sulit untuk menemukannya. Seolah tak mengenal musim, buah berwarna jingga ini hampir selalu anda jumpai setiap saat. Buah ini pun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tak heran jika pepaya umumnya dikonsumsi semua kalangan.

Mengandung sejumlah nutrisi penting seperti beta karoten dan vitamin c, pepaya penting bagi tubuh anda. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan pria.

Memperlancar sistem pencernaan

Mengonsumsi buah pepaya matang secara rutin bisa membantu menjaga dan mengatasi berbagai gangguan sistem pencernaan. Pasalnya, pepaya mengandung papain, sebuah enzim proteolitik yang membuat protein lebih mudah dicerna tubuh.

Pepaya juga tinggi kandungan serat dan air yang dapat membantu mengatasi tidak lancarnya buang air besar akibat sembelit (konstipasi). Buah ini juga dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS).

Mencegah risiko kanker prostat

Manfaat makan buah lainnya adalah mencegah risiko kanker prostat. Hal ini berkat kandungan beta karoten dan likopen yang berperan sebagai senyawa antioksidan kuat untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker.

Bukan hanya buahnya, sebuah studi yang diterbitkan Virginia State University juga menemukan khasiat serupa pada biji pepaya. Ternyata biji pepaya matang berwarna hitam memiliki kandungan polifenol tinggi dan efek anti-kanker yang berpotensi menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan vitamin C dan likopen dalam buah pepaya sebagai senyawa antioksidan bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga mencegah risiko penyakit jantung pada pria. Harvard Health Publishing and Medical School berdasarkan riset melalui sejumlah penelitian menyatakan bahwa pria dua kali lebih mungkin mengalami serangan jantung daripada wanita.

Meningkatkan gairah seksual

Ada metode alami dan aman bagi pria yang ingin meningkatkan gairah sesual atau libido mereka. Yakni dengan mengonsumsi buah-buahan. L-arginine, senyawa asam amino esensial yang terdapat dalam buah-buahan, seperti pepaya dan semangka dapat meningkatkan jumlah nitrat oksida (NO) yang dilepaskan selama rangsangan seksual.

Nitrat oksida sangat diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi penis. Bahkan, asupan L-arginine dalam jumlah tertentu dapat mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

Meningkatkan kualitas sperma

Buah pepaya memiliki kandungan folat yang tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi juga pria. Folat mampu menjaga kesehatan dan kualitas sperma yang diproduksi. Kandungan vitamin C juga dapat membantu pria yang memiliki gangguan kesuburan atau infertilitas.

Studi yang diterbitkan Journal of Medicinal Food menunjukkan asupan vitamin C dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kualitas sperma. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan pada beberapa aspek kualitas sperma, mulai dari pergerakan (motilitas), bentuk (morfologi), dan jumlah sperma pada pria.

Populer video

Berita lainnya