5 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Retinol
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Retinol termasuk dalam kelompok retinoid turunan vitamin A yang dikenal efektif untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Di pasaran, retinol dapat ditemukan dalam berbagai jenis dan merek produk perawatan kulit wajah seperti serum, toner, atau pelembap. Melansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa manfaat retinol untuk kulit wajah.

Membuat kulit wajah tampak awet muda

Retinol dapat memperlambat proses penuaan kulit karena mampu memelihara fungsi lapisan kulit terluar atau epidermis sebagai pelindung tubuh, menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen. Manfaat ini yang membuat kulit wajah tampak awet muda.

Memperbaiki tekstur kulit

Retinol memiliki molekul yang kecil sehingga dapat masuk ke bawah lapisan epidermis. Saat berada di lapisan tengah kulit, retinol akan memberikan efek pengelupasan, sehingga baik untuk proses regenerasi kulit. Dengan demikian, lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut dapat terbentuk.

Meningkatkan elastisitas kulit

Penggunaan retinol dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Kolagen sendiri bermanfaat untuk mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

Memudarkan bintik hitam

Paparan sinar matahari berlebih bisa memberikan efek buruk bagi kulit wajah yang salah satunya munculnya bintik hitam. Retinol diketahui dapat memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari. Selain itu, manfaat retinol untuk kulit wajah juga dapat mengatasi melasma atau hiperpigmentasi kulit.

Mencegah munculnya jerawat

Retinol mengandung agen komedolitik yang dapat mencegah pembentukan komedo atau jerawat di kulit wajah. Selain itu, retinol juga dapat merawat kulit berjerawat maupun bekas jerawat agar tidak semakin parah.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, retinol tak lepas dari efek samping. Umumnya, orang yang menggunakan retinol akan merasakan efek samping berupa kulit kering dan iritasi, terutama jika baru pertama kali mencoba. Efek ini juga bisa terjadi jika retinol digunakan bersamaan dengan bahan lain, seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Populer video

Berita lainnya