Ini Tanda-tanda Anda Butuh Cuti Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi Tidak Seimbang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang yang menyia-nyiakan kesempatan untuk cuti karena kesibukan pekerjaan. Padahal, meluangkan waktu untuk beristirahat sangat penting. Saat cuti, Anda bisa melakukan beragam aktivitas yang bisa membuatmu senang, mulai dari bersantai di rumah hingga liburan ke luar kota.

Menyempatkan waktu untuk cuti juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas. Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan orang yang rutin berlibur serta memiliki kehidupan kerja dan pribadi yang seimban berisiko lebih kecil terkena penyakit tertentu, misalnya serangan jantung atau stroke.

Ada beberapa hal yang menandakan Anda butuh waktu untuk beristirahat dan cuti kerja. Melansir laman Alodokter, ini tanda-tandanya.

Motivasi kerja menurun

Bila Anda sering merasa malas dan tidak ada motivasi saat harus bekerja, atau pekerjaan menjadi terasa sangat monoton. Ini menjadi tanda utama Anda butuh cuti. Pasalnya, salah satu penyebab menurunnya motivasi, terutama pada aktivitas yang biasanya dinikmati, adalah tingkat stres yang tinggi.

Konsentrasi menurun

Konsentrasi yang menurun akan membuat susah fokus pada tugas yang dikerjakan. Hal ini membuat Anda merasa lebih sulit bekerja atau membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas dan deadline.

Menurunnya konsentrasi saat melakukan banyak hal, termasuk saat bekerja, bisa jadi menandakan bahwa Ansa sudah lelah secara fisik dan mental menyelesaikan pekerjaan. Jika merasakannya, ini merupakan tanda Anda butuh cuti.

Kebiasaan makan berubah

Berubahnya kebiasaan makan dapat menjadi indikator Anda sedang menhalami stres dan butuh istirahat, termasuk cuti dari pekerjaan. Saat kebiasaan makan berubah, Anda mungkin mendapati dirimu makan lebih sedikit atau justru lebih banyak daripada biasanya.

Lebih sering sakit

Apakah akhir-akhir ini Ansa jadi lebih mudah terserang penyakit, seperti flu atau batuk pilek? Jika iya, sebaiknya segeralah ambil cuti dari pekerjaa ln untuk sejenak beristirahat.

Sebab, sering sakit juga bisa menjadi pertanda Ansa mengalami stres parah. Stres berat bisa mengakibatkan sistem imunitas tubuhmu melemah, sehingga rentan sakit.

Tidak bersemangat

Rutinitas dan kesibukan sehari-hari,pekerjaan yang semakin menumpuk, ditambah lagi adanya masalah tertentu dalam hidup, bisa membuat Anda stres. Anda tidak harus menyelesaikan semua sekaligus.

Jika sudah merasa tidak mampu lagi menjalani beban dan tantangan dalam hidup, ini artinya Anda butuh cuti untuk beristirahat dan me time.

Populer video

Berita lainnya