Ketahui Cara Membuat Masker Alami untuk Mengatasi Jerawat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Masker Jeruk Nipis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Munculnya jerawat dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Jerawat muncul akibat folikel rambut tersumbat oleh debu, kotoran, dan sel kulit mati, maupun produksi minyak yang berlebih. Akibatnya, terjadi peradangan pada pori-pori yang tampak sebagai benjolan kecil dan nyeri.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan cara menggunakan masker alami untuk jerawat. Bahan-bahan yang dapat digunakan sangat mudah ditemukan dan bisa diolah sendiri di rumah.

Bahkan, masker alami untuk jerawat juga dapat membantu menghilangkan jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Melansir laman ALODOKTER, berinut ini beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai masker alami untuk jerawat.

Lidah buaya

Masker alami untuk jerawat bisa menggunakan lidah buaya. Kandung asam salisilat dalam lidah buaya mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Anda dapat menggunakan daging buah lidah buaya yang telah dihaluskan untuk masker alami untuk jerawat ini. Oleskan tipis-tipis lidah buaya tersebut ke wajah hingga merata, diamkan selama 15–20 menit, baru bilas hingga bersih.

Madu dan kayu manis

Anda bisa membuat masker alami untuk jerawat dari campuran madu dan bubuk kayu manis. Madu dan bubuk kayu manis memiliki sifat antiperadangan serta antibakteri. Kedua sifat ini dapat meredakan kemerahan pada jerawat serta menghilangkan bekas jerawat.

Cara membuatnya dengan mencampurkan madu dengan bubuk kayu manis. Oleskan campuran tersebut ke jerawat dan diamkan selama 10–15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Alpukat

Alpukat juga memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang mampu mencegah maupun mengatasi jerawat. Masker alami untuk jerawat yang terbuat dari alpukat bisa diracik dengan menghaluskan 1 buah alpukat, lalu oleskan ke wajah secara merata.

Anda dapat mendiamkan masker selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan masker alpukat sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat antiperadangan, antibakteri, dan antikoksidan yang efektif melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, serta mengontrol produksi minyak berlebih. Cara membuatnya:

  • Seduh daun teh hijau dalam kantung, lalu diamkan selama satu jam.
  • Keluarkan daun teh hijau dari kantungnya.
  • Oleskan bubuk daun teh hijau ke wajah.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mentimun

Mentimun mengandung air yang bermanfaat untuk meredakan kemerahan dan bengkak pada jerawat. Kandungan asam kafeat dalam mentimun bersifat antiperadangan yang dapat meredakan iritasi dan kemerahan pada jerawat.

Menggunakan mentimun sebagai masker alami untuk jerawat dilakukan dengan cara mengiris mentimun yang telah dicuci bersih, lalu tempelkan ke wajah. Diamkan masker selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Pisang

Buah dan kulit pisang juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk jerawat. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah serta kulit pisang yang memiliki sifat antiperadangan. Senyawa ini efektif dalam meredakan kemerahan pada jerawat, serta mengempiskan jerawat.

Cara membuat masker pisang untuk mengobati jerawat sangat mudah. Haluskan 1 buah pisang berukuran kecil lalu oleskan ke seluruh wajah secara merata. Atau, Anda bisa mengoleskan sisi dalam kulit pisang ke wajah. Setelah itu, diamkan selama 10–15 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Populer video

Berita lainnya