Simak Tips Mencuci Buah dan Sayuran yang Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mencuri Buah dan Sayuran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Buah-buahan dan sayuran segar mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun pastikan mencucinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Sebab, mencuci buah dan sayur bertujuan untuk menghilangkan kuman atau residu yang tidak diinginkan pada bagian permukaannya.

Buah dan sayuran mentah terkadang mengandung kuman atau bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit. Beberapa bakteri yang mungkin terdapat dalam sayur dan buah antara lain bakteri Salmonella, E. coli, dan Listeria. Mencuci buah dan sayur dengan cara yang benar, setidaknya membantu meminimalisir risiko kontaminasi bakteri yang mungkin saja ikut termakan. Melansir laman sehatQ, berikut tips mencuci buah dan sayur yang benar.

Mencuci tangan terlebih dahulu

Sebelum membersihkan sayur dan buah, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik agar kuman atau bakteri yang menempel mati. Selain itu, pastikan juga permukaan atau pisau untuk memotongnya juga sudah bersih.

Potong bagian yang rusak

Perhatikan bagian buah dan sayur yang rusak seperi busuk, bonyok, atau kotor sebelum Anda langsung mengonsumsinya. Potong terlebih dahulu bagian yang rusak sebelum Anda mencoba cara mencuci buah sayur yang benar.

Bersihkan dengan air mengalir

Cuci atau gosok buah dan sayuran dengan lembut di bawah air mengalir pada setiap bagiannya. Cara ini juga tetap dilakukan meski Anda tidak memakan bagian kulit dari buah tersebut. Alasannya, karena kotoran, pestisida, serta kuman pada kulit bisa masuk ke dalam saat proses memotong.

Gunakan sikat lembut

Pada buah atau sayuran tertentu, coba gunakan sikat lembut untuk membersihkan kulitnya. Contohnya timun, melon, labu, buah naga, dan lain-lain karena kulitnya tergolong keras.

Keringkan buah dan sayuran

Setelah kotoran sudah benar-benar hilang, pastikan Anda mengeringkan buah dan sayuran sebagai bagian dari cara mencuci yang tepat. Coba keringkan dengan menggunakan lap bersih atau tisu khusus dapur. Dengan mengeringkan sebelum disimpan, cara ini bisa membuat buah dan sayur jadi lebih tahan lama.

Populer video

Berita lainnya