Ketahui Penyebab Munculnya Bintitan di Kelopak Mata

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Bintitan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bintitan terjadi akibat infeksi pada kelenjar penghasil minyak di kelopak mata. Kelenjar penghasil minyak inilah yang melapisi kelopak mata dan juha membantu melumasi permukaan mata. Bagi penderitanya, bintitan membuat tidak nyaman dan juga mengganggu penampilan.

Seperti halnya jerawat, bintitan juga bisa muncul di bagian lain kulit. Bintit biasanya berkembang dalam beberapa hari, dan mungkin bisa kering dan sembuh dengan sendirinya. 

Bdnjolan ini juga bisa menjadi kalazion, yang terjadi ketika kelenjar minyak yang meradang tersumbat. Jika kalazion menjadi cukup besar, hal ini dapat menyebabkan masalah pada penglihatan. Melansir laman Halodoc, ketahui apa saja yang bisa jadj penyebab bintitan.

Tungau demodex

Masalah mata ini bisa semakin buruk dengan adanya Demodex, tungau yang biasa terdapat pada kulit manusia. Demodex teridentifikasi sebagai penyebab blefaritis. Jika mengidap blefaritis, kemungkinan besar Anda akan mengalami benjolan di mata ini.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi, termasuk infeksi yang dapat menyebabkan bintitan. Faktor seperti stres kronis, kurang tidur, dan pola makan yang buruk dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Penggunaan lensa kontak yang tidak higienis

Penting untuk menjaga kebersihan lensa kontak dengan baik. Pasalnya, lensa kontak yang kotor atau menggunakannya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu bisa menjadi sumber infeksi mata, yang bisa berkembang menjadi bintitan

Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab masalah mata ini.  Contohnya, seperti kurang tidur, konsumsi alkohol berlebihan, dan merokok, semua itu bisa melemahkan kesehatan mata. Ini juga bisa meningkatkan risiko bintitan.

Populer video

Berita lainnya