4 Manfaat Masker Jeruk Nipis bagi Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Masker Jeruk Nipis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain sering digunakan sebagai penyedap masakan, jeruk nipis juga dapat diolah menjadi produk perawatan kulit. Salah satunya menjadi masker jeruk nipis. Ya, masker alami ini dipercaya bermanfaat untuk mengobati jerawat dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini kulit.

Manfaat masker jeruk nipis diperoleh dari vitamin dan mineral, serta antioksidan yang terkandung di dalam jeruk nipis. Ada beragam manfaat masker jeruk nipis untuk kesehatan kulit. Melansir laman alodokter, berikut ini ragam manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit.

Mencegah terjadinya jerawat

Jerawat biasanya muncul karena minyak, bakteri, maupun sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan kandungan AHA, vitamin C, dan antioksidan di dalamnya, masker jeruk nipis bisa membantu mengurangi produksi minyak penyebab jerawat.

Mengangkat sel kulit mati

Asam sitrat merupakan sejenis asam alfa hidroksi (AHA) yang secara alami dapat ditemukan pada buah citrus, termasuk jeruk nipis. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis ini dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan tampak lebih halus.

Mencerahkan kulit

Pada sebagian orang, munculnya jerawat sering kali disertai bintik-bintik hitam atau bercak yang disebut hiperpigmentasi. Bercak ini sering kali menetap sebagai bekas jerawat yang mengganggu. Keluhan pada kulit ini dapat diobati dengan menggunakan masker jeruk nipis.

Kandungan AHA dan vitamin C pada jeruk nipis dipercaya dapat memudarkan bekas jerawat, sehingga warna kulit wajah menjadi lebih merata serta tampak cerah.

Memperlambat penuaan kulit

Paparan sinar ultraviolet dalam jangka panjang dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti garis-garis halus, keriput, atau kulit kendur. Dengan menggunakan masker jeruk nipis dipercaya dapat menunda munculnya tanda-tanda penunaan dini pada kulit karena kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit.

Populer video

Berita lainnya