Trik Menghindari Minuman Keras Agar tidak Kecanduan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minuman Beralkohol
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengonsumsi minuman keras dalam jumlah tertentu akan menimbulkan euforia, yakni rasa nyaman dan gembira yang berlebihan, sebelum masuk ke tahap mabuk. Sebab, minuman keras yang beralkohol bisa merangsang otak untuk melepas hormon dopamin dan serotonin.

Namun jika terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan kecanduan. Mereka yang kecanduan alkohol berisiko terkena berbagai penyakit, seperti sirosis dan kanker.

Itu sebabnya penting menghindari minuman keras guna mencegah dampak buruk dalam jangka panjang. Melansir laman Alodokter, berikut ini cara yang bisa Anda terapkan agar tidak kecanduan alkohol:

Batasi porsi minuman keras

Bagi Anda yang terbiasa minum alkohol memang tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan ini. Namun jika memiliki tekad yang kuat, Anda tetap bisa mengatasinya, dengan mulai membatasinya.

Apabila sebelumnya Anda kerap menghabiskan 5 gelas bir setiap kali minum-minum, cobalah untuk membatasinya hingga maksimal 2 atau 3 gelas saja. Ketika sudah bisa mengurangi, mulailah mengurangi porsi minuman beralkohol 1 gelas, dan terus tingkatkan hingga bisa menjauhi minuman keras sama sekali.

Kenali pemicu konsumsi minuman keras

Untuk menghindari minuman keras, Anda perlu mengenal apa saja pemicu yang membuat Anda ingin minum minuman keras. Dengan begitu, Anda bisa mencari alternatif lain untuk menghindari pemicu tersebut.

Misalnya ketika sedang stres, cobalah mengganti kebiasaan minum alkohol dengan aktivitas lain yang lebih sehat, seperti meditasi, berolahraga, atau journalling.

Jangan simpan minuman keras di rumah

Saat sedang berjuang menghindari suatu hal, kita sebaiknya tidak berada dekat dengan hal tersebut. Hal ini juga berlaku saat menghindari minuman keras. Menyimpan minuman ini di rumah bisa membuat Anda mudah mendapatkannya dan akhirnya kembali ke kebiasaan yang tidak sehat itu.

Minta dukungan dari support system

Peran support system cukup penting untuk bisa bisa hidup lebih sehat dan tidak bergantung pada alkohol. Ketika tidak bisa mengonsumsi minuman keras di rumah, Anda mungkin tergoda untuk meminumnya di luar bersama teman-teman.

Beritahu keluarga dan orang terdekat bahwa Anda sedang menghindari minuman keras. Dengan begitu, mereka mungkin tidak mengaja minum atau bisa mengingatkan Andauntuk tetap kuat menghindari minuman keras di saat sedang tergoda untuk minum.

Pilih minuman sehat

Ketika ada pilihan minuman beralkohol di menu restoran atau cafe tempat Anda nongkrong, cobalah memilih minuman lain yang lebih sehat. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih mocktail, yaitu jenis minuman yang dikreasikan mirip cocktailtetapi bebas alkohol.

Lakukan aktivitas lain

Salah satu cara menghindari minuman keras adalah menggantinya dengan aktivitas lain. Tekuni hobi atau lakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti olahraga, jalan-jalan, atau berkebun.

Populer video

Berita lainnya