Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Kulit Tangan Mengelupas

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Kulit Tangan Terkelupas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pada umumnya penelupasan kulit terjadi pada ujung jari anda. Bahkan kondisi itu bisa berlaku pada seluruh bagian telapak tangan. Tentunya hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri anda saat bertemu orang lain. Apalagi untuk berjabat tangan yang membuat kulit tangan anda terasa kasar. Lantas bagaimana cara mengatasi kulit tangan terkelupas?

Biasanya, pengelupasan kulit disebabkan dampak eksternal atau lingkungan yang membuat kulit menjadi kering dan mudah terkelupas. Bisa karena terlalu sering mencuci tangan, faktor cuaca, hingga eksem. Anda tak perlu panik jika mengalaminya. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit terkelupas di telapak tangan.

Jaga Kelembapan Kulit

Penanganan utama untuk semua penyebab kulit telapak tangan terkelupas adalah rajin menggunakan pelembap.

Hindari Paparan Produk Penyebab Kulit Kering

Jauhi produk-produk yang cenderung membuat kulit tangan Anda kering, misalnya detergen. Bila Anda sering terpapar produk tersebut, sebaiknya gunakan pelindung kulit (misalnya sarung tangan karet) saat mencuci. Lalu, pakai pelembap tangan secara teratur.

Perhatikan Faktor Lainnya

Faktor internal yang mungkin jadi penyebab perlu Anda ketahui demi menghindari pengelupasan kulit di telapak tangan. Beberapa contohnya yaitu reaksi alergi, keratolisis eksfoliatif, dan psoriasis. Namun jika kondisi telapak tangan tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk periksa ke dokter.

Populer video

Berita lainnya