Ketahui Manfaat Collagen untuk Kecantikan Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Alami Kencangkan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Collagen adalah sejenis protein yang berperan penting dalam membangun dan menopang banyak jaringan di tubuh, seperti kulit tulang, rambut, mata, hingga sistem pencernaan. Namun, produksi collagen dalam tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia, sehingga penting untuk mengonsumsi kolagen tambahan.

Ada banyak kolagen yang bisa dikonsumsi dalam bentuk bubuk dan kapsul. Mengonsumsinya diyakini dapat memberi manfaat dari dalam ke luar tubuh untuk membentengi dan memperkuat lapisan dermal kulit. Sehingga kulit bisa terlihat muda dan bersinar.

Faktanya masih banyak manfaat kolagen pada kulit jika dikonsumsi secara teratur. Melansir laman Halodoc, simak penjelasan berikut ini:

Menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan

Hal ini karena kolagen adalah komponen penting pada lapisan dermis di dalam kulit, sehingga mencukupi kebutuhan protein ini sangat baik agar kulit tetap halus. 

Selain itu, kolahen memiliki efek anti-penuaan yang mampu mengencangkan kulit dengan cara yang tepat. Dengan begitu, kerutan di wajah berkurang dan membuat terlihat lebih muda. 

Meningkatkan elastisitas kulit

Saat bertambah tua, adanya penurunan pada jumlah kolagen yang membuat kulit kendur. Dengan menambahkan collah  pada rutinitas perawatan kulit, elastisitas kulit dapat meningkat karena kandungan peptida kolagen dapat mencegah kekenduran dan peregangan secara permanen.

Meningkatkan hidrasi kulit

Collagen dapat meningkatkan hidrasi pada kulit yang membuatnya lembut saat disentuh. Sebuah penelitian telah dilakukan jika protein ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. 

Kulit kering tidak berbahaya di awal, tetapi masalah ini dapat menyebabkan aktivasi eksim, seperti kulit pecah-pecah, peradangan, kemerahan, dan gatal. Dengan mengonsumsi banyak air dan kolagen dapat membantu kulit menjaga kelembapannya.

Mengurangi selulit

Collage  dapat memberi manfaat menghaluskan selulit dengan memperkuat lapisan dermis.  Faktanya, selulit lebih terlihat saat kulit menipis, meregang, atau mengendur akibat penuaan.

Dengan konsumsi kolagen, peningkatan elastisitas dan ketebalan kulit dapat dirasakan, sehingga perkembangan selulit dapat dicegah.

Atasi luka bekas jerawat

Jerawat rentan menimbulkan bekas luka saat sembuh. Penyebab utama bekas jerawat adalah kerusakan kolagen pada kulit. Maka dari itu, mengonsumsi collage  dapat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang dapat menyembuhkan bekas jerawat. 

Memperbaiki struktur kulit

Dengan lebih banyak collagen dalam tubuh, kulit akan lebih padat dan kuat.  Hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya peregangan kulit yang dapat menyebabkan timbulnya stretch mark atau bekas luka yang buruk.

Peningkatan produksi kolagen alami

Mengonsumsi collagen tambahan dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak collagen secara alami. mengonsumsi collagen, tubuh akan menerima sinyal untuk memproduksi lebih banyak protein ini. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan kulit.

Populer video

Berita lainnya