Ketahui Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ampas Teh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jika biasanya Anda membuang ampas teh setelah menyeduhnya dengan air panas, mulai sekarang cobalah memanfaatkannya untuk kulit Anda. Ya, ampas teh bersifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan kulit. Manfaatnya juga didukung oleh kandungan vitamin C dan E di dalamnya.

Salah satu kegunaannya yakni mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit. Vitamin E di dalam ampas teh mengandung tinggi antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk wajah. Melansir laman halodoc, berikut manfaat ampas teh untuk kecantikan.

Mencegah Rambut Rusak

Ampas teh mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya dengan mengaplikasikan ampas teh ke seluruh kulit kepala dan pijat secara perlahan. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Meredakan Peradangan Jerawat

Ampas teh mengandung zat katekin yang bersifat antibakteri. Kandungan tersebut dapat membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang menjadi penyebab jerawat. Caranya dengan mengoleskan ampas teh ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Mengurangi Masalah Kantung Mata

Manfaat ampas teh ini terjadi berkat kandungan vitamin K, antioksidan dan tanin. Caranya dengan mendinginkan ampas teh dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian, letakkan di bagian kantung mata. Diamkan selama 15 menit, lalu kamu bisa membilasnya dengan air. Lakukan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meredakan Bisul

Bakteri Staphylococcus aureus adalah penyebab masalah pada kulit yang cukup umum. Untuk mengatasinya, tempelkan ampas teh selama 15 menit pada area bisul dan tunggu sampai kering. Kamu bisa melakukan cara ini selama 2 kali sehari.

Meski menggunakan ampas teh cenderung aman, pemilik alergi perlu melakukan tes terlebih dulu sebelum menggunakan masker kunyit. Cara ini bertujuan untuk meminimalisir risiko reaksi alergi setelah penggunaan.

Populer video

Berita lainnya