Manfaat Daun Sirih untuk Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Daun Sirih
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Daun sirih merupakan tanaman obat yang banyak ditemukan di Asia. Daun ini diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan wajah. Hal itu dikarenakan kandungan minyak atsiri yang bersifat antibakteri, sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat di wajah.

Tak heran jika daun sirih kerap dijadikan kandungan untuk beberapa produk kecantikan wajah. Melansir laman Alodokter, berikut manfaat daun sirih untuk kulit wajah, yang dapat Anda rasakan.

Mengobati jerawat

nda bisa menggunakan daun sirih atau produk kecantikan yang mengandung daun sirih. Manfaat daun sirih untuk wajah ini diperoleh berkat kandungan minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan antijamur.

Mencerahkan wajah

Produk pencerah wajah sering kali mengandung bahan alami, salah satunya daun sirih. Senyawa aktif dalam daun sirih dapat mencerahkan wajah dengan cara menghambat pembentukan enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan zat warna alami tubuh (melanin).

Memudarkan flek atau bintik hitam

Manfaat daun sirih untuk wajah lainnya adalah memudarkan flek atau bintik hitam di wajah (hiperpigmentasi). Kondisi ini biasanya terjadi karena paparan sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan daun sirih yang mampu menghambat pembentukan melanin.

Melembapkan kulit wajah

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan minyak di wajah (sebum) akan makin berkurang. Akibatnya, kulit bisa menjadi kering dan gatal. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan losion atau pelembap yang mengandung daun sirih untuk melembapkan kulit yang kering.

Mengatasi panu di wajah

Kandungan minyak esensial dalam daun sirih tidak hanya bersifat antibakteri, tetapi juga antiseptik. Oleh karena itu, daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, termasuk panu.

Populer video

Berita lainnya