Agar tak malas Lagi, Ketahui Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Mandi Pagi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas. Udaranya mengandung zat yang larut bersama air. Itu sebabnya mandi di pagi hari bisa memberikan manfaat bagi tubuh, yakni meningkatkan produktivitas.

Selain itu, paparan air dingin juga mampu mendukung metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil. Jika dilakukan secara rutin, mandi pagi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh keseluruhan. Melansir laman halodoc, berikut ragam manfaat mandi pagi bagi tubuh.

Meningkatkan energi

Sebuah studi menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat saat mandi pagi hampir sama dengan energi yang didapat setelah mengonsumsi kafein. Ini dikarenakan saat air dingin menyentuh kulit, tubuh akan meresponsnya dengan “bernapas” karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Alhasil, darah akan terpompa cepat ke seluruh tubuh dan detak jantung meningkat, sehingga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

Memperbaiki suasana hati

Mandi adalah kebiasaan hidup sehat yang tidak hanya membersihkan tubuh, melainkan juga pikiran. Kegiatan ini dapat menstimulasi titik biru di otak yang merupakan sumber noradrenalin. Ini merupakan zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Air dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah mengelilingi organ tubuh. Ketika air menyentuh tubuh, akan terjadi peningkatan kinerja arteri dalam memompa darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Memperbaiki kondisi kulit dan rambut

Jika mengalami kulit kusam dan rambut rontok, Anda bisa mencoba mandi pagi secara rutin. Cara ini dapat menjaga melembapkan dan mengencangkan pori-pori, kulit kepala. Dengan begitu, dapat mencegah kotoran masuk yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit.

Membantu meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat mandi pagi lainnya adalah meningkatkan fungsi kognitif otak. Kegunaannya dapat berupa memaksimalkan konsentrasi dan memori, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar stres dalam tubuh.

Melancarkan peredaran darah

Mandi pagi dapat menurunkan risiko hipertensi, varises, dan mengerasnya pembuluh darah. Alasannya karena mandi pagi dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah ke seluruh tubuh.

Meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan dan gairah seksual.

Mengurangi tingkat stres

Dengan mulai membasahi tubuh dengan air di pagi hari, cara ini bisa meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Dengan begitu, kadar stres berlebihan bisa menurun.

Populer video

Berita lainnya