Kenali Makanan Sumber Protein Hewani

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sumber Protein Hewani
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Guna memenuhi kebutuhan gizi seimbang, dianjurkan mengonsumsi beragam makanan yang merupakan sumber protein hewani, di samping protein nabati. Sebab, hal ini bermanfaat dalam membangun serta memperbaiki jaringan pada tubuh.

Bagi mereka yang menerapkan diet vegetarian atau tidak mengonsumsi daging hewan, bukan berarti tidak bisa mendapatkan protein hewani. Selain daging, ada juga ragam makanan sumber protein hewani yang bisa dikonsumsi, seperti telur dan susu.

Namun perlu diingat, meski protein hewani memiliki beberapa keunggulan, tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan, terutama daging merah. Mengonsumsi protein hewani terlalu banyak dapat berisiko diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa daftar makanan sumber protein hewani yang bisa dikonsumsi dalam menu harian Anda.

Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein hewani yang baik bagi kesehatan. Selain jumlah kalorinya lebih rendah, makanan ini juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, niasin, dan selenium.

Ada beberapa manfaat dengan mengonsumsi daging tanpa lemak ini. Antara lain dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan massa otot, bahkan kekuatan dan kepadatan tulang.

Ikan

Ikan dan telur ikan juga merupakan salah satu jenis makanan sumber protein hewani yang sangat kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya. Mulai dari asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh, mineral dan vitamin A, D, B6, dan B12. Manfaat mengonsumsi ikan diyakini dapat memperkuat tulang, mengurangi risiko penyakit asma dan diabetes pada anak, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

Telur

Telur termasuk salah satu makanan sumber protein terbaik yang sangat mudah didapat dengan harga yang terjangkau murah. Kadar protein paling tinggi terdapat di bagian putih telur.

Susu, keju, dan yogurt

Susu, keju, dan yogurt dikenal sebagai sumber protein, kalsium, dan vitamin D. Dari banyak pilihan susu, dianjurkan mengonsumsi susu skim atau susu rendah lemak. Karena sangat baik untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat, serta dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Dalam memenuhi gizi seimbang, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sumber protein hewani setidaknya 2-3 porsi setiap hari, yang disertai makanan pokok, sayuran, dan buah-buahan.

Populer video

Berita lainnya