Tips Mengatasi Luka di Kulit Kepala yang Menyebalkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Luka di Kulit Kepala
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Peranahkah Anda merasa gatal pada kulit kepala, hingga ingin terus menggaruknya? Hal itu bukan tidak mungkin akan meninggalkan koreng atau luka. Koreng merupakan kondisi kulit berawarna kehitamana, kering dan mengelupas.

Setiap orang berbeda-beda dalam menghilangkan koreng yang muncul di kepala. Ini disebabkan karena pemicunya bisa bermacam-macam. Sebenarnya koreng bagian dari proses penyembuhan gangguan kulit. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa cara untuk mempercepat penyembuhan koreng di kulit kepala.

Kompres Hangat

Cara ini terbilang aman dan mampu meredakan rasa gatal yang muncul akibat koreng. Kompres hangat juga dapat meredakan gatal, melembutkan, dan membuat koreng menjadi lebih cepat lepas. Akhirnya kulit kepala kamu jadi lebih cepat kembali normal.

Anda bisa membalutkan handuk hangat pada rambut dan kepala selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, Anda bisa mengelupas koreng secara lembut dari kulit kepala.

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan koreng di kepala. Bahkan para ahli menemukan bahwa gel lidah buaya berkhasiat untuk meredakan koreng yang terjadi akibat dermatitis seboroik, eksim, dan psoriasis. Selain itu, gel lidah buaya juga mampu meredakan sakit dan gatal serta mencegah infeksi yang ditimbulkan akibat kemunculan koreng.

Anda hanya perlu mencampurkannya dengan minyak kapsul vitamin E dan mengoleskannya dengan rata ke area kulit kepala. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada area kulit kepala yang terdapat koreng dan diamkan selama satu jam sebelum dibilas bersih menggunakan sampo. Namun, cara ini tidak bisa langsung meredakan koreng, Anda perlu melakukannya rutin, sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu.

Sari Lemon

Sari lemon dikenal akan khasiatnya sebagai antijamur sehingga mampu mengobati sejumlah penyebab koreng, seperti dermatitis seboroik dan kurap. Namun, lemon memiliki sifat asam yang mungkin bisa berbahaya jika bersentuhan langsung dengan kulit yang terluka. Oleh karena itu, Anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun.

Komposisinya adalah setengah sendok teh air perasan lemon dan dicampur dengan 1 sendok makan minyak zaitun hangat kemudian aduk merata. Anda bisa mengoleskan dan memijatkan campuran ini ke kulit kepala. Diamkan sampai meresap selama setengah jam dan kemudian bilas dengan sampo. Kamu pun bisa melakukan cara ini sebanyak 3 kali seminggu.

Populer video

Berita lainnya