Pilihan Makanan Sehat untuk Dikonsumsi di Malam Hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Camilan malam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak yang beranggapan makan malam bisa menyebabkan gemuk. Lantas apa yang harus dilakukan jika perut tiba-tiba berontak minta diisi, yang membuat Anda sulit tidur? Nah, ada beberapa pilihan makanan sehat yang bisa diandalkan untuk mengganjal rasa perut di malam hari.

Makan malam yang sehat nyatanya bisa menstabilkan suasana hati sehingga tidur terasa lebih nyenyak. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa pilihan makanan sehat yang bisa Anda coba.

Pisang

Kaya akan serat, pisang seringkali menjadi pilihan untuk mengganjal perut tanpa harus menyebabkan kekenyangan. Tahukah Anda bahwa pisang juga dapat membantu tidur jadi nyenyak? Ini karena pisang kaya akan hormon serotonin. Hormon ini yang berfungsi menstabilkan mood dan menimbulkan perasaan bahagia.

Greek yogurt

Greek yogurt kaya akan kandungan kalsiumnya. Selain untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh juga memerlukan kalsium untuk mengubah asam amino triptofan menjadi melatonin. Selain itu, greek yogurt juga kaya akan protein susu yang disebut kasein.

Penelitian dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa konsumsi kasein pada malam hari dapat membantu mengurangi rasa lapar pada keesokan harinya.

Sereal dan susu

Tidak hanya cocok disantap pada pagi hari, makanan ini dapat mengganjal perut di tengah malam serta membantu tidur lebih nyenyak. Ini karena sereal dan susu kaya akan kalsium, seperti halnya greek yogurt. Namun perlu diingat, sereal dan susu tinggi akan kalori.

Konsumsi makanan tinggi kalori pada malam hari bisa menyebabkan asam lambung naik. Jadi, pastikan Anda mengonsumsinya dalam porsi kecil.

Roti isi selai kacang

Selai kacang cocok menjadi camilan tengah malam karena mengandung banyak asam amino triptofan. Setelah mengonsumsi asam amino ini, tubuh akan mengubahnya menjadi melatonin yang menimbulkan rasa kantuk. Uniknya, kandungan karbohidrat pada roti dapat membantu pengolahan triptofan dalam otak.

Edamame

Edamame merupakan sumber protein yang baik dengan kandungan asam amino triptofan yang cukup tinggi. Selain itu, kalori edamame juga terbilang rendah. Satu mangkuk kecil edamame yang mengenyangkan bahkan hanya mengandung sekitar 150 kalori. So, makanan ini pun cocok untuk Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Telur

Telur merupakan salah satu pilihan tepat untuk mengganjal rasa lapar di malam hari. Sebab, bahan pangan ini kaya akan protein berkualitas tinggi yang bisa membuat Anda kenyang hingga pagi hari. Anda juga dapat mengolah telur menjadi beragam olahan, mulai dari telur rebus, telur orak-arik, hingga sebagai isian roti lapis.

Popcorn tanpa pemanis tambahan

Popcorn juga termasuk makanan yang cocok Anda konsumsi saat lapar pada malam hari. Ini lantaran popcorn mengandung banyak serat yang akan membuat Anda kenyang hingga semalaman. Tapi pastikan Anda tidak banyak menggunakan pemanis, entah itu gula, karamel, atau saus cokelat. Kurangi juga penggunaan mentega leleh yang malah akan membuat kalori popcorn menjadi tinggi.

Buah-buahan dan kacang

Buah-buahan dan kacang merupakan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat yang dapat memenuhi kebutuhan gizi. Anda dapat menggabungkan kedua bahan ini untuk membuat camilan tengah malam yang unik, dan tentunya mengenyangkan.

Populer video

Berita lainnya