Tips Sehat Siapkan Sahur untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menyiapkan Menu Sahur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bulan Ramadhan menjadi pertanda untuk menjalankan puasa bagi seluruh umat muslim. Tidak terkecuali untuk ibu hamil. Meski ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa, tetapi sah-sah saja berpuasa, jika memang sanggup menjalaninya.

Namun, saat berpuasa ibu harus memperhatikan dengan baik asupan yang dikonsumsi, terutama saat sahur. Sebab, makanan yang dikonsumsi saat sahur adalah penentu kelancaran puasa dan sebagai sumber energi utama saat berpuasa. Melansir laman halodoc, berikut cara menyiapkan menu sahur untuk ibu hamil.

Fokus pada hidrasi

Menjaga hidrasi penting untuk orang yang berpuasa, apalagi bagi ibu hamil. Hal itu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan cairannya dan cairan bayi. Jika tidak mendapatkan cukup air akibatnya volume air ketuban akan menurun.

Ibu bisa meminum air putih sebanyak 8-12 gelas perhari atau sekitar 2 sampai 3 liter air. Sebagai tambahan, konsumsi juga buah dan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi saat sahur seperti semangka atau melon.

Konsumsi makanan bernutrisi

Bagi ibu hamil, makan sahur saja tidak cukup jika asupan nutrisi dan gizi tidak terpenuhi. Karena itu, pastikan memilih jenis makanan yang tepat. Kamu bisa mempraktekan tips berikut untuk melengkapi kebutuhan nutrisi saat sahur:

  • Berhati-hatilah dalam memilih karbohidrat. Lebih baik pilih karbohidrat kompleks yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sumber karbohidrat kompleks bisa berasal dari nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.
  • Tambahkan lemak sehat seperti ikan atau susu ke dalam menu sahur.
  • Hindari makanan berminyak atau gorengan yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.
  • Tambahkan juga buah dan sayuran sebagai sumber serat dan vitamin.
  • Ketahui juga asupan bernutrisi lainnya untuk ibu hamil yang berpuasa di laman berikut, “7 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil yang Puasa”.

Meal prepping

Meal prepping adalah istilah yang merujuk pada mempersiapkan makanan untuk beberapa hari ke depan. Tentu tidak mudah bagi ibu hamil bangun di malam hari dan menyiapkan makanan untuk sahur. Dengan meal prepping ibu bisa lebih menghemat waktu.

Ibu hanya perlu memasak sekali, lalu simpan bahan makanan di kulkas untuk dimasak dua atau tiga hari ke depan. Selain menghemat waktu, meal prepping juga bisa menghemat tenaga.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup penting bagi kesehatan ibu hamil. Maka dari itu penting sekali bagi ibu hamil untuk tidak tidur terlalu malam saat Ramadhan.

Jika merasa sangat kelelahan, maka ibu bisa meminta bantuan ayah untuk menyiapkan sahur. Selain tidur yang cukup, ketika berpuasa sebaiknya hindari juga aktivitas yang melelahkan seperti berjalan jauh atau membawa barang bawaan berat.

Populer video

Berita lainnya