Ini 3 Obat Sakit Gigi Rumahan Paling Ampuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sakit Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sakit gigi bisa dialami siapa saja. Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada sekitar rahang dan gigi, dan biasanya akan terasa saat pengidapnya sedang makan atau minum sesuatu yang terlalu panas atau dingin.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor. Mulai dari infeksi gigi, pembusukan, cedera, atau kehilangan gigi. Nah, ada beberapa obat sakit gigi rumahan yang ampuh dalam meredakan rasa sakitnya. Melansir laman halodoc, simak ulasan berikut ini.

Berkumur dengan air garam

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah pengobatan pertama sakit gigi yang efektif. Sebab, air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Jika Anda ingin mencobanya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

Kompres dingin bisa jadi obat sakit gigi

Selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit gigi adalah dengan menggunakan kompres dingin. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa nyeri, terutama jika sakit gigi terjadi akibat trauma tertentu. Sebab, kompres dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di area gusi atau gigi yang sakit menyempit.

Kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada gusi. Jika ingin mencobanya, Anda bisa menggunakan kantong es yang dibungkus handuk, lalu tempelkan pada area gigi yang sakit. Kompres gigi tersebut selama 20 menit, dan ulangi setiap beberapa jam sampai rasa sakitnya mereda.

Menggunakan bawang putih

Bawang putih telah terkenal akan khasiatnya dalam bidang kesehatan, sehingga sering menjadiobat tradisional. Sebab, bawang putih terbukti memiliki senyawa antibakteri. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri.

Populer video

Berita lainnya