Tips Puasa Bagi Penderita Maag Agar Tetap Sehat dan Lancar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penderita Maag
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gangguan pada sistem pencernaan selama Ramadhan termasuk mulas, refluks asam, dan gangguan pencernaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh makan berlebihan secara tiba-tiba setelah berpuasa, atau makan makanan berlemak dan pedas dalam jumlah besar.

Keluhan umum sperti penyakit gastro-esophageal reflux (GERD), di mana makanan mengalir kembali dari lambung ke kerongkongan, dan gastritis, yang disebabkan oleh peradangan pada lapisan lambung. Untuk menghindari gangguan pencernaan selama bulan Ramadhan, berikut adalah tips untuk mengatasinya.

Minum banyak air agar tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting saat berpuasa. Selain membantu pencernaan, itu dapat membantu masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan waktu yang lama tanpa makanan, seperti sembelit, sakit kepala, dan sakit punggung.

Cobalah minum dua hingga tiga liter sehari, dan minum sedikit demi sedikit dalam waktu lama. Karena ini membuat tubuh Anda lebih mudah menyerapnya.

Hindari makan berlebihan

Hal itu bisa jadi sulit ketika Anda belum makan sepanjang hari, tetapi tiba-tiba berbuka puasa dengan makan besar dapat menyebabkan kram perut dan refluks asam yang parah, yang dapat merusak tenggorokan dalam jangka waktu yang lama.

Disarankan, berbuka puasa dengan camilan kecil, dan batasi waktu makan saat Anda bisa makan.

Hindari makanan tinggi lemak

Selain membuat Anda merasa lesu, dan umumnya tidak terlalu sehat, makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal itu pun dapat menyebabkan sakit perut dan menyebabkan perasaan mual.

Jangan tidur dengan perut kenyang

Disarankan untuk tidur dua jam setelah makan. Hal itu bisa menjadi rumit ketika makan dibatasi pada malam hari, tetapi tidur dengan perut yang sangat kenyang dapat mencegah sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Makan lebih banyak serat

Serat adalah salah satu makanan paling baik untuk sistem pencernaan Anda. Serat dapat membantu mencegah kembung dan sembelit.

Namun, mendapatkan cukup serat saat berpuasa bisa jadi rumit. Pilih makanan yang tak banyak melewati proses pengolahan seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian (seperti gandum, beras merah dan jelai), kacang-kacangan, buncis, ikan, kerang, dan telur.

Konsultasi ke dokter

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang efek perubahan apa pun dalam rutinitas makan Anda. Penting juga untuk mendiskusikan penyesuaian rutinitas pengobatan Anda untuk Ramadhan, karena menghindari obat dapat membahayakan usus Anda.

Populer video

Berita lainnya