Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kesehatan Jantung
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Penting untuk menerapkan pola hidup sehat sejak dini, untuk mencegah penyakit jantung dan komplikasinya di usia tua.Kurang olahraga, pola makan yang buruk, dan kebiasaan tidak sehat lainnya dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Nah, ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan setiap harinya, agar selalu sehat. Melansir laman halodoc, simak penjelasannya berikut ini.

Pola Makan Sehat

Makanan yang dikonsumsi setiap harinya dapat berdampak pada kesehatan jantung. Pilihlah makanan rendah lemak jenuh, lemak trans, dan sodium. Adapun makanan sehat terdiri dari banyak buah dan sayuran, biji-bijian yang kaya serat, ikan, dan kacang-kacangan.

Aktif secara Fisik

Jantung adalah otot, jadi perlu olahraga untuk menjaga bentuknya. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan pompa jantung dan membantu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga teratur juga membantu menjaga berat badan dan tekanan darah tetap terkendali. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan olahraga rutin.

Hindari Rokok

Sangat penting menghindari kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, merokok adalah penyebab utama aterosklerosis, penyakit yang menyebabkan penumpukan plak di arteri. Plak tersebut dapat membatasi aliran darah ke jantung dan organ lain dan dapat pecah.

Batasi Konsumsi Alkohol

Selain rokok, alkohol juga merupakan “musuh”, bagi yang ingin menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari, atau setidaknya membatasi konsumsi alkohol.

Kendalikan Stres

Stres jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang dapat merusak dinding arteri. Mempelajari teknik manajemen stres tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga kualitas hidup. Cobalah latihan pernapasan dalam, dan luangkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai.

Jalani Pemeriksaan Rutin

Menjalani pemeriksaan rutin adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memantau kesehatan jantung. Pemeriksaan perlu dijalani, meski sedang merasa sehat sekalipun. Apalagi kalau Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, atau kondisi kronis lainnya.

Populer video

Berita lainnya