Ketahui Manfaat dan Tujuan Pemeriksaan Fisik secara Rutin

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Salah satu tujuan pemeriksaan fisik rutin mencegah masalah kesehatan yang mungkin saja terjadi. Pemeriksaan fisik dimulai dengan memberi tahu dokter tentang gejala dari gangguan yang dialami.

Ruang lingkup pemeriksaan mencakup pemeriksaan tanda vital, seperti suhu, denyut nadi, kecepatan pernapasan, dan tekanan darah. Langkah tersebut dilakukan dari kepala hingga kaki. Melansir laman halodoc, berikut manfaat dan tujuan pemeriksaan fisik rutin.

Mengetahui tinggi dan berat badan

Pengukuran standar ini memberikan garis dasar dan cara untuk memantau kesehatan pasien. Misalnya, perubahan berat badan yang besar bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan.

Memeriksa tanda-tanda vital

Dokter akan memeriksa tekanan darah dan detak jantung pasien. Prosedur ini penting, terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarganya.

Meninjau masalah kesehatan pribadi

Beberapa hal yang perlu diketahui oleh dokter, antara lain:

  • Apakah pasien merasakan rasa tidak nyaman atau nyeri?
  • Di mana letak ketidaknyamanan atau nyeri?
  • Seperti apa rasa sakitnya? Apakah pegal, seperti tertekan atau tertusuk?
  • Berapa lama nyeri berlangsung? Apakah frekuensinya berlangsung lama atau datang dan pergi?
  • Apakah ada sesuatu yang menyebabkan rasa tidak nyaman? Misalnya, setelah makan, berolahraga, atau pada malam hari?
  • Apa yang mengurangi rasa tidak nyaman? Apakah mereda setelah beristirahat, mengonsumsi obat-obatan, atau mengubah posisi?

Meninjau preferensi perawatan medis

Salah satu tujuan pemeriksaan fisik adalah meninjau preferensi terkait dengan perawatan medis. Misalnya, mempertimbangkan pendekatan terhadap transfusi darah atau status tidak melakukan resusitasi (DNR). Semuanya tergantung pada gejala yang diutarakan oleh pasien dalam tahap sebelumnya.

Mengkaji kebiasaan dan pengaruhnya terhadap kesehatan

Langkah ini dilakukan oleh pasien yang memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok, pola makan tidak sehat, dan faktor lingkungan tempat tinggal. Dari sini, dokter bisa menentukan faktor pemicu gangguan kesehatan.

Meninjau daftar obat rutin

Langkah ini bertujuan untuk menghindari interaksi obat yang dipakai secara rutin. Sebab, ini mungkin saja membahayakan dan berdampak pada munculnya gejala gangguan kesehatan.

Mengevaluasi sistem organ tubuh

Langkah mengevaluasi sistem organ tubuh biasanya dilakukan pada pasien dengan kelompok usia tertentu. Pemeriksaannya mencakup payudara klinis dan panggul untuk wanita. Sementara pria, prosedurnya termasuk pemeriksaan alat kelamin dan prostat.

Populer video

Berita lainnya