Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Earphone agar Tidak Merusak Pendengaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menjalani suatu aktivitas sambil mendengarkan musik lewat earphone memang sangat mengasyikkan. Bahkan kita tentu seringkali menemukan orang yang melakukan hal tersebut sambil menunggu transportasi umum, hingga bekerja.

Meski menyenangkan, ternyata kebiasaan menggunakan earphone setiap saat dapat merusak pendengaran. Nah, melansir laman halodoc, ada cara terbaik yang bisa dilakukan supaya pendengaran tidak rusak karena kebiasaan satu ini. Berikut penjelasannya.

Kecilkan volume

Mendengarkan musik dengan volume keras memang asyik, seolah-olah musik masuk ke dalam tubuh, tapi ini dapat merusak pendengaran. Oleh karena itu Anda perlu mengecilkan volume.

Gunakan peredam bising

Jika menggunakan earphone untuk meredam suara di sekitar, menaikkan volume suara/musik justru akan merusak pendengaran. Untuk mengatasi situasi ini, Anda bisa menggunakan earphone dengan headphone peredam bising. Ini cara kerjanya menyumbat telinga, supaya suara dari luar tidak terdengar dan tidak mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan.

Gunakan headphone bukan earphone ataupun earbud

Meskipun kedua istilah tersebut kerap digunakan secara bergantian, headphone dan earphone tidaklah sama. Earphone atau juga earbud merupakan perangkat kecil, biasanya berbahan silikon atau plastik keras dengan bentuk pas di telinga. Sementara headphone mengacu pada jenis perangkat yang menutupi seluruh telinga dan lebih aman untuk gendang telinga.

Membatasi penggunaan earphone

Cara lain yang lebih ramah untuk menjaga pendengaran dari dampak buruk earphone adalah dengan membatasi penggunaannya. Cobalah untuk mengistirahatkan telinga dari penggunaan earphone. Praktikkan cara mendengarkan musik yang aman dengan menerapkan 60 – 60. Artinya, menggunakan 60 persen volume maksimum selama 60 menit. Setelahnya, jauhkan earphone dan biarkan telinga beristirahat.

Tetapkan batasan volume

Beberapa perangkat earphone dapat disetel untuk hanya bisa dipasang pada volume tertentu saja. Dengan menetapkan batasan volume maksimum, Anda tidak dapat mengutak-atik lagi volume dan menggantinya dengan volume lebih besar.

Populer video

Berita lainnya