Ini Manfaat Penting Minum Air Putih bagi Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Minum Air Putih
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda sudah sering mendengar tentang perlunya minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, atau setara dengan 1,5 liter. Pasalnya, tubuh memerlukan cairan untuk proses pencernaan, sirkulasi darah, hingga menjaga suhu tubuh.

Nah, anda bisa mendapatkan cairan yang cukup setiap hari dengan meminum air putih atau mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan. Atau dengan makan sayur dan buah yang mengandung air.

Dilansir dari laman helloSEHAT, ada beberapa fakta yang perlu anda ketahui mengenai alasan perlu minum banyak air putih. Berikut ulasannya.

Membangkitkan Otot

Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, yang menyebabkan otot akan kelelahan. Dengan kata lain, kekurangan cairan akan membuat otot tidak berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang.

Apabila anda berolahraga, maka kebutuhan air pun menjadi lebih banyak. Menurut American College of Sports Medicine, kita harus minum setengah liter air 2 jam sebelum mulai berolahraga.

Menjaga Kulit Tetap Bercahaya

Kulit mengandung banyak air yang berfungsi untuk mencegah hilangnya cairan tubuh secara berlebihan. Akan tetapi, jangan harap kalau kelebihan cairan tubuh bisa jadi cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit. Minumlah air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit anda.

Memelihara Fungsi Ginjal

Cairan tubuh merupakan “alat transportasi” limbah yang keluar masuk sel. Racun utama dalam tubuh yaitu nitrogen urea darah, sejenis cairan yang bisa melewati organ ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Saat cairan tubuh mencukupi, urine yang akan mengalir bebas, jernih, dan tidak bau. Ketika tidak cukup, urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Mempertahankan Fungsi Usus yang Normal

Bila cairan tubuh tercukupi, makanan yang kita konsumsi bisa dengan lancar melewati saluran pencernaan dan mencegah terjadinya penyakit konstipasi (sembelit).

Sebaliknya, bila konsumsi air kita tidak cukup, usus akan menyerap cairan dari feses untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga akan membuat sulit buang air besar (BAB).

Meningkatkan Energi

Kurang minum air putih dapat berdampak pada tingkat energi dalam tubuh. Ketika mengalami dehidrasi, bisa saja anda akan merasakan kelelahan hebat.

Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan membuang sisa pencernaan yang tidak diperlukan. Sementara tubuh anda setiap hari mengeluarkan cairan, baik melalui urine, keringat, hingga saat bernapas. Oleh karena itu, tingkatkan konsumsi cairan sesuai dengan kebutuhan.

Membantu Turunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, ternyata minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Air mampu menekan nafsu makan berlebih, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu olahraga menjadi lebih mudah dan efisien.

Semua khasiat tersebut nantinya akan berpengaruh pada massa tubuh anda. Bila ingin hasil lebih optimal, jadikan kebiasaan minum air putih sebagai gaya hidup harian anda.

Populer video

Berita lainnya