Selain Menyenangkan, Ini Manfaat Lomba 17-an untuk Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Balap Karung
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – HUT kemerdekaan RI yang ke-77 dianggap akan berbeda dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Sebab, lomba Agustus-an kini sudah dapat dilaksanakan kembali. Tentunya, hal ini dapat memberikan kesenangan bagi banyak orang, terutama bagi anak-anak. Ternyata perlombaan pada 17 Agustus juga dapat memberikan manfaat bagi anak,lho. Melansir laman halodoc, berikut manfaatnya.

Membantu Menstimulasi Kecerdasan dan Motorik Anak

Lomba agustusan yang beragam dapat membantu anak untuk merangsang kecerdasan dan tumbuh kembang motorik anak. Misalnya seperti lomba memasukkan pensil ke dalam botol. Sebab lomba tersebut membutuhkan koordinasi motorik mata, kaki, dan tangan. Semakin sering kecerdasan dan motorik distimulasi, maka semakin cepat anak dapat memiliki perkembangan kognitif yang signifikan.

Melatih Anak Mengambil Keputusan

Lomba 17 Agustus menjadi momen untuk mengenalkan anak tentang arti menang dan kalah, serta perilaku baik menghadapinya. Hal ini dapat membantu melatih anak untuk mengambil keputusan ketika ingin memenangkan lomba yang dijalani.

Ajang Sosialisasi untuk Anak

Beberapa jenis lomba Agustus-an membutuhkan kerja sama tim. Hal ini dapat menjadi kesempatan untuk melatih kemampuan anak berhubungan dengan orang lain dan lingkungan. Diharapkan, anak dapat menjadi pribadi yang mudah bergaul, mudah kompromi, dan dapat menghargai pendapat atau keputusan orang lain, ketika sudah beranjak besar.

Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua

Manfaat dari mengikuti lomba Agustus-an selanjutnya adalah mempererat hubungan anak dan orang tua. Karena itu, orang tua tidak perlu ragu untuk mendampingi dan mendukung anak ketika berlomba. Hal ini dapat membuat anak menjadi semangat, karena merasa memiliki suporter yang setia mendampingi.

Populer video

Berita lainnya