Tips Wajah Tetap Segar Meski Kurang Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Kurang Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda pernah mengalami kurang tidur karena harus begadang mengerjakan tugas semalam suntuk. Hal itu bisa merusak penampilan anda keesokan harinya, saat harus kembali menjalani aktivitas.

Satu-satunya cara mengatasi kurang tidur adalah dengan tidur yang cukup. Namun kadang kala hal ini tidak dapat dilakukan, karena harus kembali menjalani aktivitas setelah semalaman begadang. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar wajah tetap segar meski kurang tidur.

Mengompres mata yang bengkak

Salah satu ciri yang paling terlihat saat seseorang kurang tidur adalah memiliki kantung mata hitam dan disertai dengan pembengkakan. Kondisi ini tentu bisa mengganggu penampilan anda.

Nah, anda bisa mengompres daerah tersebut dengan kompres dingin, guna meredakan peradangan dan pembengkakan dengan mengurangi aliran darah. Anda juga bisa memanfaatkan apapun yang dingin, termasuk kompres es atau irisan mentimun dingin.

Banyak minum air putih

Miinum air putih yang banyak ternyata penting agar wajah tetap segar meskipun kurang tidur. Beberapa ahli melaporkan bahwa orang dewasa yang kurang tidur lebih rentan mengalami dehidrasi, dibandingkan mereka yang tidur cukup.

Sementara dehidrasi bisa memengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan. Sebab, lapisan terluar kulit yang tidak mengandung cukup air dapat kehilangan elastisitas dan terasa kasar. Oleh karenanya, minum air putih yang banyak, terutama ketika kurang tidur, penting untuk dilakukan guna merawat kulit tetap sehat.

Mandi dengan air dingin

Air dingin dapat mengecilkan pembuluh darah, sehingga mungkin membantu mengurangi bercak merah dan bengkak pada wajah akibat kurang tidur.

Tak hanya itu, air dingin juga dapat melancarkan aliran darah yang bisa mencerahkan kulit dengan sehat, dan tidak mengeringkan lapisan sebum. Walhasil, mandi dengan air dingin mungkin dapat menciptakan wajah yang tetap segar dan bercahaya meski kurang tidur, sehingga anda lebih percaya diri.

Olahraga sebelum beraktivitas

Kualitas tidur yang buruk tentu bisa mengacaukan suasana hati dan memperlihatkan wajah yang tak enak dilihat. Adapun olahraga sebagai alternatif mengelola suasana hati tersebut.

Selama berolahraga, otak menghasilkan lebih banyak endorfin yang dapat mengalihkan perhatian dari pikiran cemas. Terlebih olahraga di pagi hari merupakan cara yang baik untuk memulai hari dengan hal yang positif. Alih-alih merasa lemas, cara ini membuat wajah tampak segar dan tubuh pun lebih bersemangat.

Memanfaatkan make-up

Terakhir, sebelum beraktivitas, pastikan wajah tetap segar dengan memanfaatkan riasan untuk menutupi raut muka anda yang kurang tidur.

Populer video

Berita lainnya