Trik Atasi Bau Mulut Tanpa Sikat Gigi di saat Darurat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bau Mulut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau mulut memang menurunkan rasa percaya diri anda. Terlebih ketika anda berada di depan orang banyak. Jika biasanya mengusir bau mulut dengan menyikat gigi, bagaimana jadinya jika anda sedang berpergian atau berada di luar rumah dan tidak membawa sikat gigi?

Ternyata, masih ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bau mulut meski tidak bawa sikat gigi, sehingga aktivitas anda tak terganggu akibat bau mulut. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini trik jitu mengatasi bau mulut tanpa harus menyikat gigi.

Makan buah

Selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah juga berperan aktif menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Contohnya buah apel dengan kandungan polifenol yang ampuh membasmi bakteri, sekaligus menghilangkan senyawa atau gas yang berbau seperti belerang pada mulut.

Sebenarnya, semua buah yang kaya akan berbagai vitamin dan nutrisi menjadi cara praktis untuk menghilangkan bau mulut. Sebab di saat anda mengunyah buah-buahan, mulut akan memproduksi lebih banyak air liur, yang secara perlahan akan mengatasi bau mulut.

Bersihkan lidah

Meski tidak ada sikat gigi, anda masih bisa membersihkan area mulut, misalnya lidah, dengan menggunakan alat penggosok lidah. Ada banyak bakteri yang bersembunyi di lidah dan bisa menjadi sarang penyebab bau mulut.

Gunakan alat pembersih lidah dengan cara menggosok dari bagian pangkal lidah yang paling dalam kemudian tarik hingga ke arah depan. Kemudian akhiri dengan berkumur selama beberapa kali.

Makan permen karet rasa mint

Makan permen karet bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bau mulut saat anda tidak membawa sikat gigi. Pilihlah permen karet rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis.

Pasalnya, bakteri di dalam mulut bisa memakan kandungan gula yang terdapat dalam permen karet rasa manis, sehingga kemudian menghasilkan asam. Kondisi asam pada mulut bisa merusak enamel gigi sekaligus menyebabkan aroma napas tidak sedap.

Gunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur bisa menjadi pertolongan pertama untuk membersihkan area mulut jika tidak memiliki sikat gigi. Selain membuat aroma napas yang segar berkat rasa mint yang terkandung di dalamnya, obat kumur juga bisa memberi perlindungan ekstra untuk menyingkirkan bakteri.

Makan yogurt

Bagi anda yang sering mengalami masalah dengan bau mulut, yogurt bisa menjadi salah satu pilihan camilan terbaik. Yogurt memiliki kandungan probiotik yang dapat menyingkirkan bakteri jahat di mulut, serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri, dan mengakibatkan bau mulut.

Perlu diingat, pilihlah yogurt plain tanpa rasa. Jangan pilih yang rasa buah-buahan atau cokelat karena kandungan gulanya bisa jadi berlebihan.

Hindari makanan sumber bau mulut

Ada beberapa makanan yang menjadi sumber bau mulut, seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombai, petai, hingga jengkol. Jika sudah mengonsumsinya, menggosok gigi dan berkumur dengan mouthwash pun tidak bisa membantu menyegarkan napas anda.

Senyawa penyebab bau mulut yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut bertahan di mulut Anda, hingga kemudian masuk ke aliran darah dan paru-paru. Jadi ketika anda sedang tidak bawa sikat gigi, hindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan bau mulut.

Banyak minum air putih

Mungkin anda pernah mencium aroma tak sedap yang keluar dari mulut, ketika baru bangun tidur. Ya, kondisi itu disebabkan produksi air liur yang berkurang saat tidur. Produksi air liur yang sedikit ini memicu pertumbuhan bakteri, yang kemudian akan menghasilkan senyawa sulfur (belerang) sehingga menyebabkan bau tidak sedap dari mulut.

Cara yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk mengatasi bau mulut yakni dengan minum banyak air putih, terlebih saat baru bangun tidur. Sebab, bakteri yang menyebabkan napas berbau tidak sedap memiliki sifat anaerobik, artinya bakteri tersebut akan tumbuh subur dalam suasana yang kering. Itu sebabnya, air putih berperan untuk membasahi sekaligus menyeimbangkan area dalam mulut guna mengatasi pertumbuhan bakteri.

Populer video

Berita lainnya