Lakukan Cara Ini Guna Mencegah Penularan Berbagai Varian Virus Corona

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mencegah Penularan Virus
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masyarakat dianjurkan untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi seperti sekarang ini. Apalagi penyebaran varian baru virus Corona sangat cepat. Bahkan angka kasus virus ini pun melonjak begitu pesat. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan berbagai varian virus Corona.

Vaksinasi

Vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini, seperti Sinovac, Astrazeneca, dan Moderna, dapat memberikan perlindungan terhadap beragam varian virus COVID-19. Vaksin ini akan membantu tubuh untuk membentuk antibodi dan meningkatkan kemampuannya dalam melawan virus Corona.

Oleh karena itu, lakukanlah vaksinasi sesuai anjuran pemerintah. Bila sudah menerima vaksin dosis pertama, jangan menunda jadwal pemberian vaksin dosis kedua. Tujuannya untuk menurunkan risiko terkena COVID-19 dan mengalami gejala yang berat atau fatal akibat penyakit ini.

Membatasi mobilitas

Melakukan kegiatan dari rumah, seperti work from home dan school from home, merupakan salah satu cara untuk mencegah kerumunan orang dan meminimalkan penyebaran virus Corona. Itu sebabnya saat ini pemerintah memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Untuk memperoleh berbagai kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah, ada banyak layanan online yang bisa anda gunakan.

Memakai masker

Setelah divaksi bukan berarti anda bisa mengabaikan protokol kesehatan begitu saja. Anda harus menjalaninya terutaama ketika sedang keluar rumah. Salah satunya memakai masker. Saat ini, penggunaan masker yang dianjurkan adalah 2 masker sekaligus atau dobel.

Menerapkan physical distancing

Jika memang harus keluar rumah, pastikan untuk selalu menerapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak aman minimal 1 meter dengan orang lain. Anda juga disarankan untuk membatasi kontak langsung, misalnya dengan tidak berjabat tangan atau merangkul.

Rajin mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan cara yang paling sederhana dan efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, rutinlah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik, sebelum dan setelah beraktivitas. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci sampai bersih, ya.

Siapkan perlengkapan saat beraktivitas

Ketika masih harus beraktivitas atau bekerja di luar rumah saat pandemi, anda harus menerapkan protokol kesehatan dan menyiapkan beberapa perlengkapan yang perlu dibawa. Perlengkapan tersebut meliputi hand sanitizer, masker tambahan, alat makan, serta botol minum.

Menjaga Kebersihan Rumah

Di samping menerapkan cara-cara di atas, anda juga wajib menjaga kebersihan rumah guna melindungi diri dan keluarga dari penyebaran virus Corona. Pasalnya, saat pulang ke rumah, anda tidak pernah tahu apakah virus tersebut menempel pada tubuh, baju, sepatu, dan perlengkapan lainnya yang Anda bawa.

Sesampainya di rumah, jangan langsung bersentuhan dengan anggota keluarga atau bersantai. Segera cuci tangan, mandi, dan berganti pakaian bersih. Agar kebersihan diri lebih maksimal, anda bisa menambahkan cairan antiseptik pada bak mandi.

Populer video

Berita lainnya