Catat! 5 Langkah Mudah Facial di Rumah yang Bisa Anda Lakukan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi Anda yang memiliki kesibukan yang cukup pada, pergi ke klinik kecantikan untuk merawat diri mungkin menjadi hal yang didambakan. Tapi tak perlu khawatir. Sebenernya Anda masih melakukan facial di rumah dengan cara yang sederhata.

Terpenting, Anda punya perlengkapannya. Tidak harus yang mewah dan mahal, yang penting produk skincare yang dipakai cocok di kulit Anda. Berikut langkah mudah melakukan facial di rumah.

Double cleansing

Sebelum memulai perawatan wajah apapun, lebih baik untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang menumpuk. Anda bisa memulainya dengan pembersih wajah berbahan dasar minyak yang berfungsi menjaga skin barrier. Pijat-pijat sampai semua kotoran luntur dan wajahmu terasa rileks. Lalu bilas hingga bersih, dan tepuk-tepuk menggunakan handuk hangat.

Kemudian aplikasikan pembersih wajah berupa facial wash. Metode double-cleansing ini akan membersihkan seluruh wajah dari kotoran yang membandel, sisa sunscreen, dan sisa makeup.

Lakukan steaming

Langkah berikutnya adalah penguapan wajah. Anda bisa mengatur berapa suhu yang diinginkan agar tidak terlalu panas wajahnya. Tak perlu menggunakan alat yang mahal. Anda cuma perlu air panas di mangkuk, dan dekatkan wajah kamu ke atas wadah tersebut.

Diamkan selama dua menit sambil menutup bagian kepala dengan handuk supaya uap yang terpapar hanya di bagian wajah saja. Steaming ini berguna untuk membuat kulit lebih rileks dan pori-pori wajah terbuka, sehingga kamu kotoran yang menyumbat pori bisa lebih mudah terangkat saat eksfoliasi.

Eksfoliasi

Setelahnya, Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan scrub. Anda bisa pilih scrub dengan kandungan yang sesuai dengan concern kulit. Sebaiknya, pilih yang butirannya lembut supaya kulit tidak iritasi. Ketika scrub sudah dipakai di wajah dan leher, Anda bisa memijat wajah perlahan dengan lembut, dengan gerakan memutar ke atas, sekitar 15 menit.

Lakukan eksfoliasi lebih lama pada area wajah yang banyak terdapat komedo, seperti dagu dan hidung. Tapi perlu diingat, bagi Anda yang lagi jerawatan, sebaiknya hati-hati ketika melakukan eksfoliasi. Hindari pakai scrub di area yang berjerawat.

Gunakan masker

Masker ini berfungsi untuk menutrisi kulit supaya lebih kencang, cerah, dan bercahaya. Masker juga mampu meringkas kembali pori-pori yang lebih terbuka akibat penguapan. Jangan lupa, pastikan masker yang dipakai sesuai dengan jenis kulit Anda.

Maksimalkan dengan serum dan pelembap

Tahap terakhir yaitu penggunaan serum dan pelembap. Anda bisa menggunakan serum yang sesuai dengan jenis kulit, dan juga pelembap yang biasa dipakai. Kalau ada toner, Anda bisa pakai dengan urutan toner – serum – pelembap. Step ini jangan sampai dilewatkan. Karena setelah eksfoliasi dan pakai masker, kulit butuh ekstra hidrasi.

Populer video

Berita lainnya