Cara Memilih Sepatu yang Tepat dan Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Memilih Sepatu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi sebagian orang, memilih sepatu sama halnya dengan memilih baju. Terlihat modis dan cantik menjadi poin yang penting. Akan tetapi, hal ini jangan sampai mengorbankan kesehatan dan bentuk kaki anda.

Ya, memilih sepatu sebaiknya tidak hanya mengacu pada urusan modis, tetapi juga harus memperhatikan kesehatan kaki. Sebab, sala memilih sepatu bisa membuat bentuk kaki anda menjadi buruk. Agar tidak salah, berikut ini tips memilih sepatu yang sehat seperti dilansir dari lama klikdokter.

Beli Sepatu saat Sore atau Malam Hari

Pada saat membeli langsung, hal ini cukup berguna untuk menghindari sepatu yang tidak nyaman dan sempit. Sebab pada waktu sore atau malam hari, kaki menjadi sedikit membesar dibandingkan pagi hari.

Sehingga anda bisa mencoba sepatu yang dibeli ketika kaki anda sedang membesar. Sebisa mungkin, hindari membeli sepatu pada pagi atau siang hari.

Perhatikan Ukuran Tinggi Hak dengan Kondisi Tubuh

Gunakan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi, yakni yang tidak melebihi 2,5 cm. Penggunaan sepatu hak tinggi membuat tubuh berada pada postur yang tidak normal sehingga meningkatkan risiko cedera.

Jadi, gunakanlah sepatu dengan hak yang agak lebar (tidak terlalu runcing). Ini akan membantu anda memiliki keseimbagan berjalan yang lebih baik dan menghindarkan diri dari terjatuh dan terkilir.

Perhatikan Bentuk Dasar Sepatu

Perhatikan apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik atau tidak.

Memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki anda berada dalam posisi yang nyaman sehingga mengurangi kecenderungan terjadinya nyeri lutut, nyeri pinggang, dan nyeri punggung.

Ukur Kedua Kaki

Pastikan anda mengukur kedua kaki terlebih dahulu sebelum membeli sepatu. Cara ini penting dilakukan karena saat dewasa pun, ukuran kaki masih bisa berubah. Selain itu, ukuran kaki juga bisa berbeda antara kiri dan kanan. Bila kasus ini menimpa anda, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki terbesar.

Bawa Kaos Kaki

Jika anda sering menggunakan kaos kaki, bawalah kaos kaki yang selalu anda gunakan, dan cobalah dengan sepatu yang ingin dibeli. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah sepatu anda tidak terlalu pas atau bahkan sempit saat menggunakan kaos kaki, terutama saat berjalan atau berlari.

Gunakan Aturan Praktis

Harus ada jarak antara bagian depan jempol dengan ujung sepatu, kira-kira sekitar ibu jari. American Academy of Orthopedic Surgeons menulis bahwa ketika memakai sepatu, anda harus bisa dengan bebas menggoyangkan semua jari kaki saat sepatu itu dipakai.

Tidak hanya bagian depan, perhatikan juga tumit. Sepatu yang sehat untuk kaki memiliki bagian tumit yang pas sehingga tidak akan terlepas saat berjalan.

Coba Sepatunya

Tips memilih sepatu yang satu ini pasti sudah dilakukan semua orang. Namun, masih banyak juga yang hanya mencoba pada satu kaki saja. Sebaiknya, anda mencoba sepatu yang akan dibeli pada kedua kaki untuk mendapatkan kenyamanan yang pas.

Jangan lupa juga untuk berjalan beberapa langkah menggunakan sepatu pilihan anda. Cobalah berjalan di atas lantai keramik dan berkarpet. Jika merasa tertekan dan tidak leluasa bergerak, gantilah dengan ukuran lain.

Perhatikan Lebar dan Panjang Sepatu

Beberapa orang memiliki bentuk kaki yang lebih lebar atau lebih panjang. Sehingga, usahakan untuk menyesuaikan lebar dan panjang kaki anda dengan sepatu yang akan dibeli.

Tips memilih sepatu ini berguna untuk mencegah lecet dan bengkak yang sering terjadi pada bagian terlebar kaki atau bagian atas tumit ketika sepatu yang digunakan tidak sesuai.

Perhatikan Bahan dan Sol Sepatu

Jangan lupa perhatikan bahan dan sol sepatunya. Pilihlah bahan yang lembut dan tidak keras. Lalu, raba bagian dalam sepatu untuk melihat apakah ada label, jahitan, atau bahan lain yang mungkin mengiritasi kaki. Perhatikan juga kelenturan sol dengan menekuk sepatu. Sol yang tidak lentur dapat membuat anda cepat lelah berjalan.

Populer video

Berita lainnya