Gunakan Komunikasi yang Efektif saat Konflik dengan Pasangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Hindari Kebohongan ini pada Pasangan
Footo: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap hubungan pasti akan menghadapi konflik atau permasalahan. Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan secara berlebihan. Pasalnya, masih ada cara untuk mengatasinya dengan mempertahankan kualitas komunikasi.

Tak dipungkiri, komunikasi yang baik dan benar merupakan salah satu kunci untuk mengatasi konflik dengan pasangan. Lantas, seperti apa komunikasi yang dimaksud? Melansir laman klikdokter, berikut ulasannya.

Fokus pada konflik saat ini

Sebuah konflik dalam hubungan bisa membuat seseorang ingin mengungkit semua permasalahan yang sebelumnya ada. Hal itu bisa membuat permasalahan terkini seakan tenggelam, sehingga sulit diselesaikan. Agar tidak demikian, cobalah untuk fokus pada permasalahan terkini. Hindari membahas hal-hal di luar konflik saat ini, apalagi yang pernah terjadi di masa lampau.

Mendengarkan pasangan dengan baik

Komunikasi yang efektif terjadi ketika terdapat pembicara dan pendengar. Maka itu, cobalah untuk mendengarkan dan merenungkan apa yang disampaikan pasangan. Hindari menyela dan bersikap defensif saat pasangan sedang berbicara. Dengan begitu, pasangan akan tahu bahwa Anda mendengarkannya. Selain itu, Anda akan lebih bisa memahami pasangan, sehingga ia pun akan mendengarkan apa yang Anda sampaikan nantinya.

Hargai sudut pandang pasangan

Seseorang akan banyak berbicara tentang sudut pandangnya ketika menghadapi suatu konflik. Hal ini bertujuan supaya ia bisa didengar dan dipahami. Hanya saja, hal itu bisa membuat Anda sulit bersikap terbuka untuk memahami konflik dari sudut pandang orang lain.

Oleh karenanya, akan lebih baik jika Anda tidak terlalu fokus pada sudut pandang sendiri. Cobalah juga untuk mendengarkan dan memahami sudut pandang orang lain. Jika Anda merasa tidak memahami sudut pandang pasangan, cobalah untuk bertanya dengan halus.

Berempati terhadap orang yang memberi kritik

Seseorang mungkin akan cenderung menyalahkan orang lain dan bersifat defensif ketika mendapat kritikan, lantaran dianggap sangat menyakitkan, terkesan berlebihan, dan disampaikan dengan amarah. Nah, sebaiknya jangan terpancing emosi. Cobalah untuk mendengarkan hal yang membuat orang lain marah, dan menanggapinya dengan penuh empati.

Mengakui kesalahan

Jika memang Anda salah, lebih baik akui dan bertanggungjawab. Hal ini bisa membantu meredakan konflik yang terjadi. Sebab, mengakui kesalahan dan berusaha bertanggung jawab adalah bentuk kedewasaan diri. Hal tersebut akan membuat seseorang bersikap baik kepada Anda.

Populer video

Berita lainnya