Hindari Tubuh Mudah Sakit? Coba Lakukan Gerakan Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Badan Sakit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak faktor yang menyebabkan tubuh seseorang menjadi mudah sakit. Apalagi saat usia terus bertambah, tubuh seseorang akan lebih mudah terasa sakit, terutama di bagian persendian. Sayangnya, tidak banyak yang tahu jika masalah ini dapat dihindari jika rutin berolahraga.

Nah, ada beberapa gerakan olahraga yang menurunkan tingkat kerentanan tubuh untuk mengalami rasa sakit. Gerakan ini membantu aliran darah di tubuh ke otot dan sendi menjadi lebih baik. Sehingga, berbagai masalah seperti ketegangan dan pembengkakan bisa dihindari. Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Torso Twist

Agar tingkat kerentanan tubuh untuk alami rasa sakit menurun, salah satu gerakan yang bisa dilakukan adalah torso twist. Cara melakukannya dengan berdiri di atas kaki terbuka selebar pinggul, lalu rentangkan tangan ke lurus ke depan. Pastikan bagian bawah tubuh tidak bergerak, kemudian putar tubuh bagian atas dengan maksimal dalam tiga hitungan lambat.

Atur napas dengan baik dan buang napas saat tubuh kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini dengan memutar tubuh ke arah kiri. Lakukan gerakan ini sebanyak 2 set yang terdiri dari 10 kali ke kanan dan kiri tiap setnya.

Pelvic Tilt

Caranya, berbaring telentang dengan lutut ditekuk. Setelah itu, rasakan bagian belakang perut yang berguna sebagai penyangga tulang belakang (transverse abdominis). Saat berbaring, buang napas saat TA terasa meregang dan luruskan bagian punggung hingga menyentuh lantai. Tahan gerakan ini dan hitung sampai 5 sebelum kembali ke posisi sebelumnya. Lakukan gerakan ini hingga 10 hitungan.

Superman

Cara melakukannya, Anda perlu tidur telungkup lalu luruskan tangan ke depan layaknya seorang Superman. Setelah itu, angkat tubuh bagian atas dan juga bagian bawah, sehingga hanya bertumpu pada perut. Tarik napas sebanyak 5 kali saat melakukannya.

Half Downward Facing Dog

Half Downward Facing Dog juga termasuk gerakan yang dapat membuat tubuh tidak mudah sakit. Untuk melakukannya, arahkan tubuh ke tembok dalam posisi bungkuk. Lalu, letakkan telapak tangan di punggung hingga membentuk sudut 90 derajat.

Buang napas sambil sedikit menekuk lutut, lakukan menarik napas saat tubuh kembali ke posisi semula. Setelahnya, tekan tangan ke dinding, sehingga perut terasa ada tarikan sedikit. Lalu, ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

Upper Back

Cara melakukannya, pertama cobalah berdiri memunggungi dinding. Lalu, tempatkan bola tenis di belakang antara punggung kanan dengan dinding. Setelahnya, lakukan gerakan naik-turun agar bola tenis berputar. Cobalah untuk bergerak dengan lembut hingga bola turun ke rusuk bagian bawah. Lakukan gerakan ini di bagian sebelahnya. Hitung masing-masing 10 kali tiap melakukannya.

Populer video

Berita lainnya