Menuju Budaya Hidup Sehat, Lakukan Langkah Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Hidup Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Membiasakan diri mengonsumsi makanan seimbang, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan istirahat yang cukup adalah langkah menerapkan budaya hidup sehat. Dengan menerapkan budaya hidup sehat, berarti Anda berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat lewat makan dan aktivitas sehari-hari.

Budaya hidup sehat juga dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup. Beberapa manfaat budaya hidup sehat di antaranya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk mencegah dan melawan infeksi, menurunkan risiko dari jenis kanker tertentu, hingga lebih banyak energi. Melansir laman halodoc, berikut langkah-langkah menuju budaya hidup sehat.

Aktif Olahraga

Aktivitas fisik adalah salah satu kunci penting penerapan budaya hidup sehat. Anda bisa melakukan aktivitas fisik lewat penyesuaian rutinitas harian seperti bersepeda ke kantor, mengenakan tangga ketimbang lift atau bangun pagi untuk jogging sebelum bekerja.

Makan Snack Sehat

Makan camilan memang bisa jadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Oleh karena itu perlunya menyediakan snack untuk mengerem konsumsi makanan junk food. Anda bisa memulainya dengan menyediakan buah atau snack rendah kalori.

Gabung di Komunitas Sehat

Mendapat dukungan sosial dari komunitas sehat adalah salah satu langkah menuju budaya sehat. Saat lingkaran pertemanan mendukung gaya hidup sehat, maka Anda cenderung lebih mudah berkomitmen untuk menerapkan budaya sehat. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas olahraga tertentu, agar teman-teman dapat memberikan semangat untuk tetap bertahan ketika Anda kehilangan motivasi untuk hidup sehat.

Istirahat yang Cukup

Fakta menyebutkan bahwa pikiran manusia hanya bisa fokus mengerjakan sesuatu dalam 90 hingga 120 menit saja. Setelah itu, dibutuhkan istirahat 20 – 30 menit untuk mendapatkan kembali tingkat konsentrasi yang optimal. Jadi, tidak perlu memaksakan diri untuk tetap bekerja, ketika tubuh meminta Anda beristirahat. Apalagi, bekerja tanpa istirahat yang cukup dapat menyebabkan stres.

Menemukan Hobi yang Menyenangkan

Memiliki hobi yang kamu nikmati akan membuat Anda lebih bahagia. Memiliki hobi dapat membantu menghilangkan stres dengan membuat Anda tetap terlibat pada sesuatu yang dinikmati. Hobi membantu mengalihkan pikiran dari tekanan kehidupan sehari-hari. Selain itu, hobi juga membuat Anda lebih sabar dan membantu mengembangkan keahlian baru.

Populer video

Berita lainnya