Ini Manfaat Mengonsumsi Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Telur Asin
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Telur asin merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang biasanya dijadikan lauk untuk makan atau diolah dengan makanan lainnya. Telur asin sendiri terbuat dari telur bebek yang diasinkan, karena telur ini memiliki cangkang yang bisa menyerap garam secara menyeluruh.

Beberapa zat gizi penting bisa ditemukan di dalam telur asin adalah protein, asam lemak tak jenuh, serta vitamin dan mineral. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi telur asin bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan fungsi penglihatan

Khasiat telur asin berpotensi meningkatkan fungsi penglihatan. Hal ini berkat kandungan Vitamin A dan beta-karoten di dalamnya. Vitamin A membantu meningkatkan fungsi bagian mata yang membantu Anda bisa melihat dalam ruangan rendah cahaya. Oleh karena itu, vitamin A baik untuk mengurangi risiko rabun senja.

Membangun dan memperbaiki jaringan rusak

Telur umum dikenal sebagai sumber protein dalam makanan sehari-hari. Selain itu, telur juga mengandung karbohidrat dan lemak yang penting untuk memasok bagi tubuh. Kandungan protein tinggi dalam telur asin juga berfungsi dalam membangun sel baru, sekaligus memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat telur asin yang satu ini berasal dari kandungan mineral, seperti selenium dan zat besi. Keduanya membantu menjaga sistem imunitas tubuh. Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Nutrients (2018) menjelaskan bahwa tubuh akan menggunakan selenium untuk membentuk enzim bernama selenoprotein.

Selenoprotein memiliki peranan penting dalam mempengaruhi respons peradangan, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi tertentu.

Menurunkan risiko osteoporosis

Selain kalsium dan fosfor, telur asin menyediakan kalium dalam jumlah yang cukup tinggi. Kalium memiliki fungsi dalam membantu penyerapan kalsium pada tulang. Mineral ini juga membantu agar kalsium tidak terbuang melalui cairan urine. Pada wanita dewasa yang sudah menopause, asupan mineral ini dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis.

Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Selama masa kehamilan, kebutuhan kalsium pada ibu hamil bertambah untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Sementara telur asin mengandung kalsium yang tinggi. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dokosaheksanoat (DHA) pada telur asin juga dapat membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan bayi.

Populer video

Berita lainnya