Ketahui Dampak Overthinking pada Kesehatan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Overthinking
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa menjadi overthinking. Bisa jadi karena pengalaman masa lalu, keinginan untuk melakukan dan mendapatkan segala sesuatunya sempurna, terlalu khawatir jika yang direncanakan tidak sesuai ekspektasi, dan masih banyak lagi.

Terlalu memikirkan persoalan hidup memang bisa menyebabkan stres dan kecemasan. Lantas, bagaimana dampak overthinking pada kesehatan mental? Melansir laman halodoc, berikut ulasannya.

Membuat sel-sel otak lelah

Overthinking dapat menyebabkan sel-sel otak lelah, sehingga Anda sulit untuk fokus sehingga tidak mampu menghasilkan ide kreatif. Overthinking juga dapat memicu stres. Apabila kortisol sebagai hormon stres dikeluarkan terlalu banyak, maka ini dapat merusak dan membunuh sel-sel otak di hipokampus.

Berdampak pada pola tidur dan nafsu makan

Overthinking bisa membuat orang mengalami susah tidur dan memberikan gangguan pada kontrol nafsu makan. Bisa jadi seseorang yang mengalaminya tidak punya selera makan atau justru makan secara berlebihan.

Sementara gangguan tidur yang disebabkan oleh overthinking pada akhirnya juga bisa mengganggu kualitas aktivitas harian dan juga produktivitas kerja. Orang yang tidak mendapatkan istirahat cukup, lebih sensitif dan mudah marah.

Mengganggu hubungan interpersonal

Overthinking bisa mengganggu hubungan interpersonal karena terlalu banyak curiga dan kekhawatiran. Pada akhirnya, hal ini bisa memicu kesalahpahaman dan membuat hubungan menjadi renggang. Hubungan yang renggang ini bisa memicu rasa sedih, amarah, kekecewaan, yang bisa membuat emosi menjadi tidak stabil.

Mengurangi rasa percaya diri

Ketika mulai memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, lalu berpikir kalau orang-orang tertentu punya niat yang tidak baik denganmu. Bila pemikiran semacam ini terus ditanamkan dalam pikiran, ini bisa menjadi bumerang yang menyerang balik rasa percaya diri. Abda jadi takut memberikan respons atau takut bila ide yang diajukan berujung pada penolakan.

Mencegah berpikir positif dan produktif

Overthinking hanya akan menjauhkan Anda dari melakukan hal-hal produktif. Pasalnya, pikiran berlebihan akan membawa pada kemungkinan-kemungkinan terburuk, sehingga Anda tidak akan melakukan aksi ataupun tindakan dengan solusi. Anda hanya akan memikirkan kegagalan, kesedihan, kecurigaan jika sesuatu ini tidak akan berhasil dan malah memikirkan rencana selanjutnya.

Populer video

Berita lainnya