8 Bahan Alami untuk Obat Maag yang Aman

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi gambar madu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gangguan lambung merupakan masalah pencernaan yang dapat terjadi kapan saja. Selain jadwal makan yang berantakan, penyebab masalah lambung seperti maag yaitu makanan pedas, berlemak, atau bersifat asam.

Tentunya masalah ini akan mengganggu aktivitas anda. Salah satu cara untuk membantu mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat herbal. Dilansir dari laman helloSEHAT, anda bisa mencoba sejumlah obat alami maag dan gangguan lambung di bawah ini.

Kunyit

Kunyit termasuk obat alami untuk membantu meringankan gangguan lambung, seperti gejala sakit maag. Kandungan polifenol di dalamnya ternyata memiliki sifat anti-peradangan yang membantu meredakan asam lambung.

Menurut penelitian dari International Journal of Molecular Sciences, kunyit dapat membantu mencegah peradangan pada gangguan lambung atau disebut juga penyakit GERD. Penelitian ini menunjukkan bahwa gejala gangguan lambung dapat diredakan dengan obat yang mengandung antioksidan dan anti peradangan. Kedua sifat tersebut bisa dijumpai dalam kurkumin yang terkandung pada kunyit.

Jahe merah

Obat alami lainnya untuk membantu meredakan gejala maag adalah jahe merah. Bumbu rempah yang satu ini memiliki sifat anti peradangan yang bermanfaat untuk pasien masalah lambung dan dapat meredakan rasa mual.

Jahe merah juga bisa disebut sebagai bahan alami yang bersifat gastroprotektif. Artinya, rempah yang bisa dijadikan teh ini bekerja dengan menekan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), yaitu penyebab asam lambung naik.

Madu

Madu sudah dikenal luas bermanfaat untuk mengatasai berbagai masalah kesehatan. Salah satunya membantu mengatasi masalah lambung, seperti mencegah kenaikan asam lambung dan meredakan sensasi heartburn.

Madu termasuk bahan alami yang memiliki sifat antioksidan, sehingga tidak mengejutkan bila pemanis ini dapat membantu masalah lambung. Ada sejumlah cara yang dilakukan obat alami ini untuk mengatasi gangguan lambung seperti maag, yakni:

  • tekstur madu bantu melapisi dinding esofagus (kerongkongan) dan lambung
  • memperbaiki fungsi cincin esofagus
  • membantu mengurangi peradangan pada esofagus.

Akar manis

Akar manis (licorice) diklaim dapat menguatkan otak dan bersifat analgesik. Sejumlah penelitian melaporkan bahwa akar manis dapat meningkatkan sekresi lambung dan menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Anda bisa mengonsumsi obat herbal atau alami yang mengandung licorice untuk meredakan gejala sakit maag dan radang lambung. Bahkan rempah yang satu ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun anda tetap perlu berhati-hati saat menggunakan akar manis sebagai obat tradisional untuk sakit maag. Sebab, tubuh setiap orang mungkin akan bereaksi berbeda-beda ketika memakai obat herbal.

Daun kemangi

Memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan anti-peradangan. Artinya, obat herbal maag ini bisa digunakan untuk meredakan kejang pada saluran usus yang menjadi penyebab perut kembung.

Anda bisa mengolah daun kemangi menjadi teh atau memasukkannya ke dalam masakan. Namun, Anda perlu menambahkan daun ini secara perlahan karena mengonsumsi terlalu banyak bisa memicu sakit perut.

Jus lidah buaya

Lidah buaya sering dipakai sebagai pengobatan tradisional, baik secara topikal maupun oral. Kandungan gel pada lidah buaya dipercaya memiliki senyawa anti peradangan, vitamin, mineral, dan asam amino. Itu sebabnya, beberapa orang percaya bahwa lidah buaya mempunyai efek yang menenangkan untuk pasien masalah lambung.

Penelitian dari Journal of traditional Chinese Medicine melaporkan bahwa jus lidah buaya tanpa pewarna dan pemanis termasuk obat herbal maag yang aman. Jus ini secara efektif membantu mengurangi gejala heartburn dengan mengurangi produksi asam.

Daun mint

Daun mint dapat membantu merilekskan otot perut yang sakit akibat perut kembung. Cara kerjanya adalah dengan mendorong keluar gas pada lambung. Namun, pemakaian daun mint tidak direkomendasikan untuk pasien GERD.

Kurma

Memiliki sifat basa, kurma mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung. Maka dari itu, pengidap maag atau tukak lambung disarankan untuk memakan kurma tiap pagi untuk menetralisir cairan lambung.

Selain menjaga kesehatan pencernaan, kurma juga dapat membuat kulit sehat dan bersinar alami. Kandungan antioksidan dan vitamin B5 dalam kurma berkhasiat untuk mencegah keriput dan membuat kulit lebih bersinar.

Populer video

Berita lainnya