Tahukah Anda Asal-Usul Diskon dan Cashback?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Diskon dan Cashback
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi anda yang gemar berbelanja secara online, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah diskon dan cashback. Ternyata kedua promo tersebut yang paling digemari masyarakat.

Jika diskon berarti potongan harga, sedangkan cashback promo yang memungkinkan seseorang bisa “mendapatkan uang kembali” setelah membeli sesuatu. Uang kembali itu kemudian bisa digunakan untuk berbelanja barang lain yang dibutuhkan.

Namun tahukah anda asal-usul diskon dan cashback? Dikutip dari siaran pers Shoopepay, Diskon Berawal dari Kupon Gratis. Pada tahun 1887, perusahaan minuman soda ternama di Amerika Serikat memberikan kupon kepada masyarakat untuk mendapatkan satu gelas minuman secara gratis.

Aktivitas ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan produknya. Lalu secara perlahan, pemberian produk gratis tersebut mulai dikenakan biaya namun disertai dengan secarik kupon potongan harga. Seiring dengan berjalannya waktu, teknik promosi ini dikenal dengan nama ‘diskon’ dan mulai populer diterapkan di awal 1900-an hingga sekarang.

Adapun istilah cashback mulai populer pada 1980-an. Ditemukan cukup jauh setelah diskon, cashback pertama kali diterapkan oleh kartu kredit pada era 1980-an. Penerbit kartu kredit memberikan cashback untuk setiap pembelian yang kemudian dapat digunakan untuk membayar tagihan telepon si pemegang kartu.

Di tahun 1986, program cashback makin populer sejak diterapkan Discover Financial Services yang kala itu merupakan bagian dari Morgan Stanley (salah satu perusahaan terbesar di AS). Discover memperkenalkan konsep membagikan sejumlah nilai uang tunai kepada pemegang kartu pada setiap akhir tahun. Jumlah uang tunai bervariasi berdasarkan jumlah total tagihan yang dibebankan pada kartu kredit.

Populer Sejak Tren Belanja Online dan Pembayaran Digital

Sementara di Indonesia sendiri, istilah cashback dan diskon menjadi semakin populer sejak banyak munculnya berbagai marketplace dan layanan pembayaran digital di era 2010-an ke atas. Nah, di antara diskon dan cashback, mana promo yang paling anda buru di marketplace?

Populer video

Berita lainnya