Ketahui Dampak Tidur saat TV masih menyala

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Main HP Sebelum Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menonton televisi sebelum tidur menjadi salah satu cara bersantai setelah menjalani rutinitas seharian. Kadang kala, tanpa disadari mata dengan sendirinya terpejam, sementara televisi tetap menyala.

Mungkin banyak yang tidak merasa terganggu tidur dengan kondisi televisi yang menyala. Tapi, kebiasaan itu rentan berisiko mengakibatkan masalah tidur. Melansir berbagai sumber, berikut dampat tidur saat televisi menyala.

Mempersingkat durasi tidur

Tidur dengan kondisj televisi menyala berisiko mempersingkat durasi istirahat Anda yang berkualitas. Pasal ya, otak secara konsisten mengikuti alur cerita yang ditampilkan televisi.

Mengurangi produksi melatonin

Melatonin hormon yang membantu manusia untuk tertidur. Hormon yang memberikan sinyal tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri. Televisi perangkat elektronik yang menghasilkan cahaya biru. Cahaya ini bersifat mengurangi jumlah hormon melatonin.

Menonton televisi saat jam tidur mempersulit otak mengetahui waktu tidur atau belum. Akibatnya, seseorang kehilangan rasa kantuk dan sulit tertidur.

Merangsang otak terus bekerja

Suara, cahaya, dan tampilan televisi membuat otak terangsang tetap aktif bekerja, Kondisi itu mengakibatkan sulit untuk tertidur, gelisah dan tidak nyenyak. Menonton dan mendengarkan televisi memberikan terlalu banyak rangsangan otak.

Tidur dalam keadaan televisi menyala membuat telinga menyerap suara untuk waktu yang lama. Kondisi itu menghalangi tubuh mencapai bagian terdalam dari siklus tidur.

Berisiko menganggu kesehatan

Televisi menyala saat tidur menyebabkan kurang terlelap. Tanpa tidur yang cukup, tubuh berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. Adapun di antaranya tekanan darah tinggi, penurunan kekebalan tubuh, masalah ingatan.

Populer video

Berita lainnya