Cari Tahu Manfaat Tawas untuk Kecantikan Kulit Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tawas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tawas adalah bongkahan batu kristal yang terbuat dari mineral potasium alum atau potasium aluminium sulfat. Mineral ini memiliki efek astringen dan antiseptik yang sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan dan mencegah infeksi kuman.

Berkat efek tersebut, tawas bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan menunjang kecantikan. Melansir laman alodokter, ketahui beberapa manfaat tawas untuk kulit dan kecantikan Anda.

Mengatasi bau ketiak

Tawas dapat digunakan sebagai produk deodoran dan antiperspiran alami untuk melawan bakteri yang memicu bau ketiak dan mengurangi keringat berlebih. Dengan begitu, ketiak tidak banyak berkeringat dan terhindar dari bau badan.

Caramua, Anda bisa menggosokkan deodoran kristal yang terbuat dari mineral potasium alum atau tawas padat ke kulit ketiak.

Menenangkan kulit setelah bercukur

Tawas membantu menenangkan kulit setelah bercukur atau waxing. Ini karena tawas memiliki efek astringen yang bisa meredakan atau mencegah iritasi kulit yang dapat timbul setelah bercukur. Selain itu, sifat antiseptik pada tawas juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan mengurangi risiko terjadinya rambut tumbuh ke dalam.

Mengobati jerawat

Tawas juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Pasalnya, mineral ini dapat membersihkan kulit dari bakteri dan mengencangkan pori-pori kulit sehingga baik untuk mengurangi luka akibat jerawat.

Mengatasi luka lecet

Berkat efek astringen yang dimilikinya, tawas juga bermanfaat untuk menghentikan perdarahan dan peradangan luka, khususnya luka gores atau lecet yang tidak terlalu dalam.

Mengatasi keriput

Manfaat tawas lainnya adalah menyamarkan keriput, khususnya akibat penuaan dini. Tawas dinilai bisa mengencangkan kulit, sehingga dapat mengurangi tampilan keriput di kulit. Namun, masih butuh penelitian lebih lanjut masih untuk memastikan khasiat tawas untuk hal yang satu ini. 3ss3s

Populer video

Berita lainnya