Ketahui Kebiasaan yang Dapat Memicu Munculnya Jerawat di Ketiak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat tidak hanya tumbuh wajah. Kenyatannya, jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di ketiak. Umumnya, jerawat di ketiak tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun jika jerawat pada ketiak mengeluarkan cairan atau menyebabkan rasa sakit, mungkin diperlukan perawatan medis.

Beberapa kebiasaan tertentu bisa menjadi penyebab jerawat di ketiak. Melansir laman halodoc, berikut beberapa kebiasaan yang bisa memicu munculnya jerawat di ketiak Anda.

Mencukur bulu ketiak

Mencukur bulu ketiak dapat memicu pertumbuhan rambut ke dalam yang menjadi penyebab jerawat di ketiak.

Kurang menjaga kebersihan

Kurang menjaga kebersihan juga bisa menjadi pemicu jerawat tumbuh di ketiak. Terutama bila Anda tidak membersihkan ketiak secara benar. Idealnya membersihkan ketiak tidak hanya membilas dengan air, melainkan disabuni dengan betul hingga ke sela-selanya.

Menggaruk ketiak yang berkeringat

Keringat memang dapat memicu ketiak gatal. Tetapi menggaruknya hanya akan menyebabkan iritasi yang memicu pertumbuhan jerawat. Bila Anda tipikal orang yang mudah berkeringat, ada baiknya segera bersihkan ketiak saat keringat ataupun mengganti baju.

Menggunakan deodoran yang tidak tepat

Jika Anda termasuk orang yang sensitif, penggunaan deodoran justru malah membuat ketiak iritasi. Alangkah baiknya lebih jeli memperhatikan bahan deodoran yang digunakan. Beberapa bahan seperti aluminium, paraben, wewangian, dan emolien berbahaya dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Mengenakan pakaian terlalu ketat di lengan

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat di area lengan dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat di area ketiak. Ini bisa jadi karena penumpukan keringat, kurangnya sirkulasi udara di area ketiak yang menyebabkan tingginya kelembapan di area tersebut.

Populer video

Berita lainnya