Dijamin Aman dan Praktis, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak alasan seseorang tidak ingin berolahraga di gym. Beberapa dari mereka merasa canggung di lingkungan gym, atau sebagian lainnya mungkin sulit mengatur waktu dengan kesibukan pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Namun yang perlu diingat, olahraga merupakan hal yang perlu dilakukan, bagian dari penerapan pola hidup sehat. Jika tidak dapat berolahraga di luar rumah, setidaknya cobalah untuk berolahraga di rumah. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah.

Berjalan

Anda tidak harus melakukan jenis olahraga ini di area luar rumah. Sebab, Anda dapat berjalan santai mengelilingi koridor atau halaman rumah. Selain praktis dan aman, olahraga ini juga dapat diselingi dengan jogging atau lari-lari kecil.

Setidaknya dengan berjalan 30 menit sehari, 5 hari seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sekitar 19 persen. Menariknya lagi, risiko tersebut juga dapat berkurang lebih banyak lagi ketika Anda meningkatkan durasi atau jarak yang ditempuh setiap harinya.

Angkat Beban

Salah satu jenis olahraga angkat beban yang dapat dicoba di rumah adalah standing overhead dumbbell presses. Berikut adalah langkah untuk melakukannya:

  • Pilih satu set dumbel ringan, direkomendasikan bebannya 10 pon untuk memulai dan mulailah dengan berdiri. Baik dengan kaki selebar bahu atau terhuyung-huyung. Pindahkan beban ke atas sehingga lengan atas sejajar dengan lantai.
  • Kuatkan inti tubuh, yang dimulai dengan mendorong hingga lengan terulur sepenuhnya di atas kepala. Jaga agar kepala dan leher tidak bergerak.
  • Setelah jeda singkat, tekuk siku dan turunkan beban kembali hingga otot trisep sejajar dengan lantai lagi.
  • Selesaikan tiga set dengan 12 repetisi.

Menari

Menari termasuk kegiatan yang sangat bagus bagi kesehatan organ jantung. Sebab, agar kesehatan jantung terjaga, orang dewasa harus melakukan:

  • Setidaknya 150 menit hingga 300 menit per minggu olahraga intensitas sedang.
  • Melakukan 75 menit hingga 150 menit per minggu aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi.
  • Nah, para ahli meyakini kalau semua gaya tarian menghasilkan latihan kardio yang hebat karena menari membutuhkan berbagai gerakan. Tak hanya itu, menari juga diketahui dapat meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh. Karena itu, cobalah gerakan tarian yang bebas seperti break dance, tari dangdut, shuffle, dan sebagainya.

Push Up

Salah satu jenis push up yang direkomendasikan dilakukan di rumah adalah knee push up. Jika kamu ingin mencobanya, berikut adalah langkah untuk melakukannya:

  • Posisikan tubuh tengkurap atau tertelungkup.
  • Pertahankan garis lurus dari kepala hingga lutut, tekuk siku untuk menurunkan diri ke lantai. Pertahankan siku dengan posisi siku yang membentuk sudut 45 derajat.
  • Mulailah knee push up dengan menurunkan badan hingga hampir menyentuh lantai dan angkat badan hingga posisi tangan tegak.

Populer video

Berita lainnya