Ketahui Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mewarnai Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Salah satu cara untuk mengubah tampilan rambut adalah dengan mewarnainya. Bahkan, sebagian orang menjadikan mewarnai rambut sebagai gaya hidup. Tidak harus pergi ke salaon, nyatanya Anda juga bisa mendapatkan rambut berwarna yang indah meski di rumah saja. Caranya cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pilih produk cat rambut yang tepat

Penting memilih cat rambut yang aman dan warnanya sesuai dengan keinginan. Pastikan juga produk yang digunakan dikemas secara praktis, sehingga mudah diaplikasikan ke rambut. Untuk pilihan warna, baiknya disesuaikan dengan skintone kulit. Salah pilih justru bikin kulit terlihat kusam dan nggak bercahaya.

Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Agar hasil cat rambut lebih maksimal, gunakan berbagai peralatan, seperti cermin, mangkok, brush untuk mengaplikasikan cat rambut, beberapa jepit, penutup telinga, hair cap, handuk, dan sarung tangan. Dengan begitu, proses mewarnai rambut akan lebih simpel dan mudah.

Lakukan patch test

Tes ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah rambut atau kulit alergi terhadap kandungan di pewarna rambut. Anda bisa aplikasikan sedikit di bagian belakang kuping lalu diamkan selama 30 menit. Jika tidak terjadi apa-apa berarti cat rambut tersebut aman digunakan.

Bagi rambut menjadi beberapa bagian

Agar hasil cat lebih menyeluruh dan merata, Anda bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian terlebih dahulu. Seperti bagian atas, kiri atas, kanan atas, kiri bawah, kanan bawah, dan juga poni. Rambut yang sudah dibagi bisa di jepit atau ikat terlebih dahulu.

Aplikasikan secara menyeluruh dari akar hingga batang rambut

Setelah rambut dibagi menjadi beberapa bagian, saatnya mewarnai rambut yang diawali dari akar rambut lalu ke batang hingga ujung rambut. Gunakan cat sedikit demi sedikit agar hasilnya lebih merata dan meresap ke semua bagian rambut.

Diamkan selama 30 menit

Selesai mewarnai seluruh bagian rambut, tutup kepala menggunakan shower cap. Hal ini berfungsi agar proses oksidasi selama proses pewarnaan menjadi lebih maksimal dan hasilnya makin bagus lagi. Setelah itu, diamkan hingga 30 menit.

Bilas hingga bersih dan gunakan vitamin rambut

Cara terakhir mewarnai rambut di rumah adalah membilas rambut menggunakan air hangat. Jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner agar batang rambut terasa halus dan lembut. Setelah itu keringkan rambut menggunakan hair dryer dan gunakan vitamin rambut.

Populer video

Berita lainnya