Ketahui Jenis Alergi Kulit yang Bisa Terjadi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Obat Alami Alergi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Alergi pada kulit memiliki jenis yang berbeda-beda. Alergi kulit terjadi ketika tubuh menghadapi alergen yang dianggap berbahaya. Sistem kekebalan tubuh akan bereaksi berlebihan, dan melepaskan antibodi untuk melawan alergen. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa jenis alergi kulit.

Dermatitis Kontak

Jika pernah mengalami ruam setelah memakai cincin baru atau menggunakan sabun yang berbeda? Kondisi ini disebut dengan istilah dermatitis kontak fotoalergi. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh beberapa bahan kimia, seperti tabir surya, losion cukur, dan parfum. Gejala dermatitis kontak bisa berupa:

  • Kemerahan.
  • Pembengkakan.
  • Retak.
  • Pembakaran.
  • Lepuh.
  • Benjolan.
  • Bercak bersisik.
  • Ruam.

Eksim

Eksim atau dermatitis atopik biasa menyerang 10-20 persen anak-anak dan 1-3 persen orang dewasa. Gejala umum eksim adalah kulit kering, merah, iritasi, dan gatal. Kulit juga dapat memiliki benjolan kecil berisi cairan yang mengeluarkan cairan bening atau kekuningan. Eksim juga dapat berasal dari faktor genetik.

Biduran

Biduran atau urtikaria adalah benjolan bilur merah yang muncul di tubuh. Kondisi bisa dikatakan akut jika berlangsung lebih dari enam minggu. Biduran akut sendiri paling sering disebabkan oleh paparan alergen atau infeksi.

Angioedema

Angioedema umumnya dikaitkan dengan rasa gatal yang ditandai dengan pembengkakan pada bibir, mata, dan tangan serta kaki. Gejalanya dapat menyebabkan anafilaksis jika tidak segera mendapatkan penanganan. Rasa menyengat atau kesemutan yang tidak biasa akan muncul bersamaan dengan gejalanya.

Jika mengidap angioedema di wajah atau leher, mungkin berisiko mengalami masalah pernapasan. Karenanya segera hubungi dokter untuk mengatasi masalah pernapasan dan menghentikan gejala agar tidak bertambah parah.

Populer video

Berita lainnya