Mengenal Beberapa Jenis Pembersih Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sikat Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menjaga kebersihan menjadi cara yang paling mudah untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat. Seperti diketahui, kuman, bakteri, dan virus merupakan penyebab dari banyak penyakit yang ada pada tubuh, terutama pada kesehatan rongga mulut.

Nah, kebersihan tersebut tak lepas dari alat yang digunakan. Untuk gigi dan rongga mulut, ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk menjaganya tetap sehat. Melansir laman klikdokter, berikut ini berbagai alat pembersih gigi yang perlu Anda ketahui.

Sikat gigi

Semua orang pasti sudah mengenal dengan sikat gigi. Fungsi utama sikat gigi tidak lain untuk membuang sisa makanan yang menempel pada gigi, termasuk ketika ada makanan terselip di antara kedua gigi. Dengan tidak adanya sisa makanan yang menempel pada gigi, juga akan memotong asupan makanan bagi bakteri untuk berkembang.

Tongue Scraper

Sebagian besar masyarkat sudah sangat mengetahui bahwa sikat gigi adalah alat untuk membersihkan rongga mulut. Padahal selain gigi, ada lidah yang memiliki potensi kotor. Apabila lidah kotor maka akan membuat bau mulut meningkat. Penggunaan pembersih lidah atau tongue scraper sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya digerakkan searah dari pangkal lidah menuju ujung lidah.

Dental Floss

Walaupu fungsinya sama dengan tusuk gigi, penggunaan dental floss tentunya jauh lebih baik. Tusuk gigi jika digunakan berkali-kali membuat celah antara dua gigi semakin melebar. Sementara itu, dental floss hanya menggunakan benang sehingga pembersihan sisa makanan lebih efektif dan tidak mengubah struktur susunan gigi.

Interdental Brush

Interdental brush umumnya digunakan oleh orang yang sedang melakukan perawatan ortodontik cekat atau behel gigi. Alat pembersih gigi ini digunakan sebagaimana dental floss, yakni untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di antara kedua gigi.

Mouthwash

Obat kumur atau mouthwash memang bukan alat fisik seperti beberapa alat di atas. Namun, obat kumur menjadi sangat penting untuk membersihkan area yang tidak bisa dijangkau dengan alat-alat tersebut. Kandungan antibakterinya pun akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit. Gunakanlah obat kumur setidaknya satu kali dalam sehari, terutama pada malam hari untuk hasil yang lebih efektif.

Populer video

Berita lainnya