Simak Manfaat Kentang untuk Kulit Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kentang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kentang mengandung karbohidrat dan zat lain yang penting bagi tubuh. Kentang juga digunakan sebagai makanan pengganti nasi karena dipercaya memiliki kandungan gula lebih rendah dari nasi. Selain sebagai sumber alternatif karbohidrat, ternyata kentang juga memiliki khasiat untuk wajah.

Untuk mendapat manfaat kentang untuk wajah, Anda bisa gunakan kentang sebagai masker wajah alami. Caranya adalah dengan mengoleskan kentang yang telah dihaluskan ke wajah secara merata. Melansir laman halodoc, berikut ini manfaat penggunaan masker kentang secara rutin bagi wajah.

Mengurangi Komplikasi Jerawat

Sebuah studi menunjukkan bahwa asam azelaic dan sitokin yang ditemukan dalam kentang dapat menghambat pembentukan jerawat secara efisien. Jerawat umumnya disebabkan oleh iritasi pada kulit. Telah terbukti bahwa mengoleskan kulit kentang ke wajah yang rawan jerawat dapat mencegah timbulnya jerawat.

Mencerahkan Kulit

Senyawa asam azelaic yang terkandung pada kentang dapat membantu menghilangkan bintik hitam, mengurangi noda pada wajah, dan secara bertahap memudarkan hiperpigmentasi. Hal ini karena kentang juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi.

Menunda Penuaan

Kentang memiliki kemampuan untuk mengurangi munculnya penuaan kulit dini, seperti kerutan dan garis halus. Selain itu, kentang dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menghilangkan warna kecokelatan pada kulit. Vitamin C dan antioksidan yang ditemukan dalam kentang dapat memerangi radikal bebas, yang merusak kulit dan mempercepat proses penuaan.

Mengurangi Lingkaran Hitam

Kentang memiliki senyawa seperti asam askorbat, riboflavin, dan vitamin B yang banyak dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, kandungan ini ternyata juga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam yang membandel atau bintik hitam di sekitar mata.

Penghasil Kolagen

Peningkatan produksi kolagen adalah keuntungan lain dari kentang untuk wajah. Kadar vitamin C dalam kentang tergolong tinggi. Vitamin C memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen kulit.

Pelembap Alami

Kentang mengandung asam hialuronat yang diproduksi secara alami oleh kentang. Kandungan ini dapat membantu melembapkan, meregenerasi, dan menghidrasi kulit. Anda dapat menggunakan kentang sebagai pelembap alami tanpa menggunakan produk perawatan kulit yang mahal.

Populer video

Berita lainnya