Ini Dampak Buruk Overconfident di Lingkungan Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Overconfident
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sikap percaya memang dibutuhkan bagi setiap orang, terlebih untuk urusan bekerja. Namun, kepercayaan diri terlalu berlebihan justu dapat menimbulkan dampak buruk pada orang-orang di sekitarnya.

Pasalnya, seseorang yang memiliki sikap overconfident kerap merasa dirinya jauh lebih baik dibandingkan kenyataannya, bahkan dari orang-orang di sekitarnya. Lantas apa saja dampak buruk sikap overconfident di lingkungan kerja? Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Kecelakaan Kerja

Pada beberapa pekerjaan yang melibatkan fisik, ada banyak peraturan yang harus ditaati untuk menjaga keselamatan. Namun jika seseorang memiliki sifat overconfident, bisa jadi dirinya menganggap enteng peraturan yang ada. Alhasil, bukan hanya dirinya sendiri saja yang bisa mendapatkan dampaknya, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Bahkan, seseorang bisa kehilangan nyawa sebagai dampak buruk dari kecelakaan kerja yang terjadi.

Konflik

Sikap overconfident dan arogansi memiliki perbedaan yang tipis, sehingga sulit untuk membedakannya. Jika terus dilakukan, sikap ini dapat menimbulkan rasa kecewa dan kesal pada seseorang yang menjadi rekan kerja. Beberapa sikap yang berhubungan dengan rasa percaya diri berlebih adalah membual dan meremehkan orang lain. Hal ini meningkatkan konflik, mulai dari kecanggungan hingga bertukar argumen yang meledak-ledak.

Menyalahkan Orang Lain

Sikap overconfident dapat membuat beberapa orang memiliki tingkat moral yang rendah. Seseorang dengan sikap ini merasa jika dirinya tidak pernah gagal atau salah. Bahkan saat sudah dipaparkan buktinya, orang tersebut masih melempar kesalahan pada orang lain.

Populer video

Berita lainnya