Coba Bahan Alami Ini untuk Membersihkan Karang Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Senyum
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Karang gigi yang dibiarkan terus menumpuk dapat memicu peradangan pada gusi yang disebut ginggivitis atau radang gusi. Karena itu, diperlukannya membersihkan karang gigi agar tidak membahayakan kesehatan mulut. Sebab, jika karang gigi dibiarkan begitu saja, tinggal menunggu waktu sampai mengalami penyakit periodontitis.

Namun tak dipungkiri, biaya perawatan di dokter gigi tidaklah murah. Tak heran jika banyak orang yang mencari cara lain untuk membersihkan karang gigi sendiri di rumah. Nah, ternyata ada bahan-bahan alami yang bisa manfaatkan untuk mengatasi karang gigi, lho. Berikut penjelasannya.

Baking soda dan garam

Baking soda dan garam adalah scrubber alami untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Caranya, campurkan 2 sendok baking soda dan 1 sendok garam. Lalu gosoklah gigi Anda dengan campuran ini. Setelah itu bilas mulut Anda dengan air hangat.

Daun jambu biji

Daun jambu biji dikenal dengan sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan plak pada gigi dan gusi. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencuci bersih beberapa daun jambu biji, kemudian kunyah dan tersebut dan ludahkan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini setiap hari.

Teh hitam

Teh hitam dikenal dengan sifat anti-oksidan dan anti-mikrobanya yang membantu mengurangi pembentukan plak. Caranya, celupkan kantong teh hitam ke dalam segelas air hangat. Diamkan selama 5 menit dan biarkan hingga dingin. Kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat membantu mengatasi penyakit gusi yang disebabkan oleh plak dan karang gigi. Apalagi lidah buaya dapat membunuh bakteri serta menenangkan gigi dan gusi. Caranya, ekstrak pulp lidah buaya lalu gosokkan pada gigi Anda. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Populer video

Berita lainnya