CFDS UGM, Pusat Kajian dan Informasi tentang Dunia Digital

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://www.instagram.com/cfds_ugm/

“Digital” menjadi kata yang sangat diperhitungkan pada era saat ini. Istilah digital juga sudah menjadi kata yang dipadupadankan dengan kata lainnya, seperti literasi digital, etika digital, era digital, bahkan dunia digital.

Memahami digital pada era internet, diartikan sebagai perkembangan teknologi yang menggunakan internet sebagai salah satu perangkatnya. Maka dari itu, jenis produk teknologi yang dikatakan digital pun tidak luput dari perhatian banyak orang.

Media sosial dan aplikasi digital menjadi produk digital yang paling dekat dengan masyarakat saat ini. Penggunanya pun memiliki nama tersendiri, yang disebut sebagai digital user.

Dengan adanya fenomena menarik ini, tentu Anda dituntut untuk lebih mawas diri terhadap perkembangan dunia digital yang serba tanpa batas. Sebagai pengguna produk digital, Anda harus memiliki kemampuan pemahaman terhadap cara kerja produk tersebut. Dan sebagai masyarakat digital, kita setidaknya mengetahui isu-isu terkini yang berkaitan dengan dunia digital. Hal ini sangat diperlukan untuk menjadikan kita masyarakat yang cakap dalam menggunakan teknologi digital.

Mengetahui informasi terbaru tentang perkembangan dunia digital tentu harus didukung dengan sumber yang valid dan menyajikan kebenaran. Anda dapat memilih beragam sumber di internet yang bisa menjadi referensi dan mudah untuk dimengerti.

Salah satu lembaga yang aktif menginformasikan tentang perkembangan dunia digital saat ini adalah CFDS UGM.

Central for Digital Society Universitas Gadjah Mada adalah sebuah lembaga pusat penelitian yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Pusat penelitian ini didirikan atas keprihatinan atas dinamika kondisi sosial-politik dunia kontemporer yang diperparah oleh pengaruh teknologi informasi yang tak terbendung dalam satu dekade terakhir. Fenomena tersebut memicu pola dan kompleksitas baru dalam masyarakat, dan dengan demikian, pendekatan baru dilakukan dalam mengelola kompleksitas tersebut.

Tidak hanya menyajikan laporan hasil penelitian, CFDS UGM juga memiliki banyak program yang bisa diikuti oleh para mahasiswa ataupun masyarakat umum yang berkaitan dengan dunia digital. Beberapa acara yang pernah diadakan oleh CFDS diantaranya adalah Diffusion, Digitalk, Decision, Desus, Digital Practice dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga dapat berkontribusi dalam penulisan artikel yang akan dipublikasikan di website CFDS UGM setelah melalui proses kurasi. Setiap bulannya aka nada tema yang diumumkan untuk penulisan artikel tersebut.

Informasi lebih lanjut tentang pusat penelitian ini, dapat Anda ketahui melalui akun instagram resmi mereka @cfds_ugm dan website resmi di www.digitalsociety.id.

Populer video

Berita lainnya