Terus Kepikiran Masalah, Coba Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menghadapi Masalah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Namun yang bahaya jika masalah tersebut menyita pikiran sehingga Anda memikirkan hal-hal negatif yang sebenarnya tak perlu dipikirkan. Bukan tidak mungkin kondisi ini justru akan meningkatkan risiko stres dan depresi.

Begitu terjebak dalam pemikiran negatif, Anda akan sulit untuk keluar dari kondisi tersebut. Karenanya perlu segera mencari cara mencegah hal ini berlarut-larut agar tidak berdampak pada kesehatan mental. Melansir laman hellosehat, simak sejumlah cara untuk membantu menghilangkan pikiran yang mengganggu dan selalu muncul berulang kali.

Alihkan perhatian

Cobalah cari hal yang bisa mengalihkan perhatian dan pikiran negatif. Jangan terlalu lama memutuskan pilihan apa yang dapat mengalihkan perhatian Anda dan jangan biarkan pikiran kosong. Anda bisa mengobrol dengan teman, main game, menonton film, menggambar untuk meredakan stres, membaca buku, maupun memilih berjalan ke luar ruangan.

Buat rencana dan ambil tindakan

Ketimbang terbelenggu dengan pemikiran yang sama berulang kali, buatlah rencana untuk mengatasinya. Pikirkan lalu tuliskan setiap langkah yang akan diambil untuk mengatasinya. Dengan begitu, Anda akan teralihkan untuk berpikir hal-hal negatif dan membantu Anda untuk keluar dari jebakan tersebut.

Pahami pemicunya dan tenangkan diri

Setiap kali pikiran negatif muncul, segera buat catatan tentang situasi yang sedang dihadapi. Cara ini bisa membantu Anda mengetahui pemicu pikiran negatif yang selalu muncul dan bagaimana menghilangkannya. Sehingga Anda bisa menghindarinya di lain waktu.

Jadikan kesalahan sebagai pelajaran

Setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan. Maka hal yang perlu dilakukan adalah move on dan jadikan hal tersebut sebagai pengalaman dan pelajaran. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih tenang dan memikirkan solusinya sehingga pikiran tersebut kemungkinan besar tidak akan muncul lagi.

Ubah pemikiran jadi lebih tenang dan positif

Selalu bersikap dan memiliki pemikiran positif membantu menjauhkan Anda dari kecemasan, sikap pesimis, dan pikiran negatif yang bisa memicu ruminasi. Luangkan waktu Anda untuk menenangkan pikiran. Salah satunya dengan melakukan hobi, seperti membaca buku, merawat tanaman, atau menyelami hal-hal yang Anda kuasai dan sukai.

Jika Anda masih kepikiran terus hingga sangat mengganggu aktivitas, mintalah bantuan orang terdekat untuk mendukung dan memberikan masukan-masukan yang positif.

Populer video

Berita lainnya